PENYULUHAN PARTISIPATIF BUDIDAYA CACING SUTERA (Tubifex sp.) DI KECAMATAN MANGUNJAYA KABUPATEN PANGANDARAN PARTICIPATIVE DISCUSSION OF SILK WASTE CULTURE (Tubifex sp.) IN MANGUNJAYA DISTRICT PANGANDARAN REGENCY

Ahmad Nur Zubaedi, Yenni Nuraini, Walson H. Sinaga

Abstract


 

ABSTRAK

 

Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran memiliki jumlah penduduk sebanyak 31.598 jiwa, dengan jumlah tersebut yang memiliki kegiatan budidaya ikan sebanyak 133 RTP yang tergabung dalam 11 kelompok pembudidaya ikan (POKDAKAN), kelompok yang memiliki kelas pemula sebanyak 81% dan 12% dari kelompok tersebut memiliki kelas madya. Kecamatan Mangunjaya merupakan daerah kawasan potensi perikanan budidaya air tawar dengan komoditas unggulan yang ada terdiri dari lele, nila, dan gurame, yang terbagi dalam beberapa segmen budidaya. Permasalahan yang ada di Kecamatan Mangunjaya yaitu ketersediaan pakan alami cacing sutera yang langka, sehingga pembudidaya tidak dapat memberikan pakan cacing sutera untuk  benih ikan lele pada waktu yang diperlukan  sesuai dengan takarannya. Hal ini menyebabkan produksi benih ikan lele rendah  dengan  rata-rata SR 60% sehingga pendapatan rata-rata persiklus Rp. 882.000,- dan keuntungan hanya mencapai Rp. 42.000 persiklusnya. Sehubungan dengan permasalahan tersebut perlu adanya pengembangan usaha budidaya cacing sutera secara mandiri untuk mengatasi fluktuasi hasil tangkapan dari alam dan optimalisasi usaha pembenihan lele. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mempelajari perubahan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan pembudidaya tentang budidaya cacing sutera (Tubifex sp.) untuk menunjang peningkatan usaha pembenihan ikan ikan lele (2) mempelajari tingkat adopsi inovasi tentang budidaya cacing sutera (Tubifex sp.) kepada pembudidaya ikan lele. Pada evaluasi kegiatan terjadi peningkatan aspek pengetahuan 42,8%, aspek sikap 58,9 %, aspek keterampilan 4 orang terampil dan 5 orang cukup terampil dan inovasi ini diadopsi oleh 3 orang.

 

Kata kunci : Budidaya Cacing Sutera, Ikan Lele, Penyuluhan Partisipatif


Keywords


Budidaya Cacing Sutera, Ikan Lele, Penyuluhan Partisipatif

Full Text:

PDF

References


Anonimous. 2018. Monoggrafi Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran

Anonimous. 2019. Usia Produktif Kerja . Diakses pada tanggal 6 Agustus 2019.

Badan Standarisasi Nasional. 2014. SNI 6484 : 2014. Ikan Lele Dumbo (Clarias sp). Bagian 4. Produksi benih Efendi, M. 2016. Beternak Cacing Sutera Cara Modern. Penebar Swadaya. Jakarta.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pangandaran

https://www.bps.go.id/. Usia Produktif Kerja

http://mangunjayakec.blogspot.com. Gambaran Umum Kecamatan Mangunjaya. diakses pada tanggal 22 Oktober 2018

Khairuman, et all. 2008. Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra. Agromedia Pustaka. Jakarta Selatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bjsj.v1i1.8505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
ISSN Print: 1978-032X, ISSN Online: 2716-2554

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 Index by


 

Location: