KEGIATAN PENYULUHAN PERIKANAN DI KECAMATAN GEBANG KABUPATEN CIREBON

Nurhadi Ali Mustaqim, Yenni Nuraini

Abstract


ABSTRAK

 

Kecamatan Gebang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Cirebon yang memiliki potensi perikanan yang cukup tinggi. Hal tersebut di dukung oleh sumber daya alam yang sangat mendukung kegiatan perikanan dengan adanya pesisir laut pantura menjadikan kecamatan ini sebagai lokasi agrowisata dan agribisnis perikanan. Besarnya potensi perikanan di daerah ini menjadikan penyuluhan tentang perikanan menjadi salah satu aspek penting yang dapat menunjang peningkatan pemberdayaan potensi perikanan seperti kelompok budidaya garam, kelompok nelayan, kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Penyuluhan perikanan memiliki peran strategis dalam pembangunan kelautan dan perikanan yang berkelanjutan, sebagai sistem pendidikan non formal berperan dalam transformasi perilaku pelaku utama dan pelaku usaha dalam pengembangan usaha kelautan dan perikanan yang lebih baik. Kegiatan penelitian yang dilaksanakan di Kecamatan Gebang antara lain perencanaan, pelaksanaan (aksi penyuluhan), dan evaluasi. Kegiatan perencanaan meliputi pengumpulan data potensi perikanan dan penyusunan program kerja yang akan dilakukan. Pelaksanaan (aksi penyuluhan) yang dilakukan meliputi pertemuan kelompok, kunjungan kelompok, pendataan kartu kusuka, pendampingan program bantuan dari dinas, dan demonstrasi cara pengolahan hasil perikanan. Kegiatan evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah pelaksanaan aksi penyuluhan, aspek yang dinilai meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan instrument evaluasi berupa kuisioner.

 Kata kunci: Penyuluhan perikanan, Kegiatan penyuluhan


Keywords


Penyuluhan perikanan, Kegiatan penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Mardikanto, Totok. 2003. Redefinisi dan Revitalisasi Penyuluhan Pembangunan, dalam Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan (Ed. Ida Yustina dan Adjat Sudradjat). Bogor: IPB Press.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara NO: PER/19/M.PAN/10/2008 Tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Poernomo, S.H. 2005. Penyuluhan Perikanan Dalam Era Perubahan. Departemen Kelautan dan Perikanan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perikanan. Jakarta.

Rivai dan Razi. 2010. Dasar-dasar Penyuluhan. Modul Diklat Dasar Fungsional Penyuluh Perikanan Terampil. Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan: Jakarta.

Slamet, M. 2003. Perspektif Ilmu Penyuluhan Pembangunan Menyongsong Era Tinggal Landas Di dalam Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor: IPB Press.

Undang-undang No. 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Kementrian Kelautan dan Perikanan. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bjsj.v1i1.8506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
ISSN Print: 1978-032X, ISSN Online: 2716-2554

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 Index by


 

Location: