ANALISA PENGGUNAAN GAWAI PENGAMAN DAN KABEL PENGHANTAR PADA INSTALASI LISTRIK PADA KAPAL PERIKANAN (STUDI KASUS: KM. PULAU PINANG)

Bobby Demeianto, Hafiz Ziddin, Juniawan Preston Siahaan

Abstract


Kapal perikanan Purse Seine dilengkapi dengan sistem kelistrikan yang dapat di asumsikan penggunaanya terbanyak pada beban lampu Halogen atau lampu yang di fungiskan sebagai pemikat ikan dari jam pengoperasian 18:00 sampai dengan 05:00. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perhitungan nilai kapasitas penggunaan gawai pengaman dan KHA kabel pada sistem kelistrikan di KM. Pulau Pinang. Selanjutnya, menentukan Evaluasi Instalasi Listrik pada kapasitas penggunaan gawai pengaman dan kesesuaian KHA kabel pada sistem kelistrikan di KM. Pulau Pinang. Peninjauan langsung di lapangan dengan cara pengukuran nilai tegangan, daya, dan arus listrik di KM. Pulau Pinang dan mengetahui komponen komponen pada sistem kelistrikan sehingga alur sistem kelistrikan dapat di gambarkan ke bentuk Single Line diagram, hal ini merupakan metode penelitian. Nilai daya tertinggi pada Motor pompa. Kondisi penggunaan kapasitas gawai pengaman listrik pada satu alur penggunaan gawai pengaman listrik pada beban lampu Halogen yaitu 20 Ampere. sedangkan dari perhitungan PUIL di anjurkan dengan kapasitas 10 Ampere. Namun, pada ukuran KHA kabel seluruh sistem kelistrikan di KM. Pulau Pinang di kategorikan sesuai.

Keywords


Gawai pengaman, kabel penghantar, listrik kapal penangkap ikan

Full Text:

PDF

References


Demeianto, B. (2019). Ilmu Listrik Kapal Penangkap Ikan I. Jakarta : AMAFRAD Press.

Demeianto, B., Ramadani, R.P., Musa, I., & Priharanto, Y.E. (2020). Analisa Pembebanan Pada Generator Listrik Kapal Penangkap Ikan Studi Kasus pada KM. Maradona. Aurelia Journal. 2 (1): 63-72.

Feranita, Firadaus, & Fahrurozi., (2014) Analisa Ketidakseimbangan Beban Terhadap Arus Netral Dan Losses Pada Transformator Distribusi Di Gedung Fakultas Teknik Universitas Riau.

Frank D. Petruzella. 1996. Elektronika Industri. Yogyakarta : Andi Offset

Harten P. Vand and E. Setiawan. 1991. Instalasi Listrik Arus Kuat Jilid II. Bandung. Binacipta

Lin Lou, Fang, Vand, H.P., & Setiawan, E. (2005). Digital Power Electronics and Applications. Elsevier (USA). All rights reserved

Marsudi, D. (2005). Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Yogyakarta. Jakarta : Erlangga

Nur, I. R., Farid, A., & Arisandi, A. (2009). Efektivitas Alat Tangkap Mini Purse Seine Menggunakan Sumber Cahaya Berbeda Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Kembung. Kelautan, II, 50-59.

Razak, Abdul, & Firdaus. (2018). Analisa Teknis Instalasi Kelistrikan Kapal Motor Penumpang Swarna Putri. Jom FREJNIK, 5(2), 1-6.

SNI 0225:2011. (2011). Persyaratan Umum Istalasi Listrik (PUIL). BSN.

Weedy, B. M., Cory, B. J., Jenkins, N., Ekanayake, J. B., & Strbac, G. (2012). Electric Power Sytem. Inggris: Jhond Wiley & Sons Ltd.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v3i1.10329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats