PENGOLAHAN DIMSUM CUMI (Loligo sp.) DENGAN PENGGUNAAN KONSENTRASI KECAP ASIN YANG BERBEDA

Basri Basri, Kurnia Sada Harahap, Andiki Yelofeva

Abstract


Cumi-cumi adalah produk kelautan yang banyak tersedia di perairan Indonesia. Beberapa cumi diproses. Cumi-cumi adalah jenis chepaloda yang dikenal di dunia perdagangan selain sotong dan gurita. Proses pembuatan dimsum dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, mulai dari tahap penyiasan, pencucian, penggilingan, pencampuran rempah-rempah, menekan, mengukus, dan akhirnya tahap pengemasan dan pelabelan. terlalu mencurigakan, tekstur elastis dan rasa yang tidak hambar atau asin. Formulasi terbaik dari 3 perawatan dalam membuat dim sum adalah perawatan kedua, dengan kode sampel K.2, yaitu penambahan kecap 6% dan 12%, hal ini dibuktikan dengan uji hedonik oleh 30 panelis yang lebih memilih rasa, warna, rasa dan tekstur produk Dimsum perawatan ke-2 menggunakan modal Rp. 98.000 dalam 500 g dapat menghasilkan 18 cangkir dengan jumlah Dim Sum 126. Laba yang diperoleh sebesar Rp 28.000, analisis R/C 3,85.

Keywords


Dim Sum, cumi, kecap

Full Text:

PDF

References


Agusandi, Supriadi, A, Lestari, Sd. 2013. Pengaruh Penambahan Tinta Cumi (Loligo Sp.) Terhadap Kualitas Nutrisi dan Penerimaan Sensoris Mi Basah. Jurnal Unsri:1-16.

Effendi I, Oktariza W. 2006. Manajemen Agribisnis Perikanan. Jakarta: Penerbit Swadaya.

Gufran, M, Kordi. 2010. A to Z Budidaya Biota Akuatik untuk Pangan, Kosmetik, dan Obat-obatan. Yogyakarta: Lily Publisher.

Lindawanti. 2017. Absorbs Logam Berat Cadmium (Cd) Pada Cumi- Cumi (Loligo Sp) di Pulau Lae-Lae. [Skripsi]. Makasar (Id). Uin Alauddin Makassar.

Rohaini, A. 2019. Pembekuan Cumi – Cumi (Loligo Sp) di PT.Putri Indah Belawan Sumatera Utara. Dumai. Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai.

Rudiana, E., & Pringgenies, D. (2004). Morfologi dan Anatomi Cumi-cumi Loligo duvauceli yang Memancarkan Cahaya. Jurnal Ilmu Kelautan. JUni, 2004 Vol. 9 (2):96-100.

Sahami, F. M., & Hamzah, S. N. (2014). Avertebrata Air. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v2i2.9879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Citation

       

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats