WASPADA TERHADAP EKSPLOITASI PLASMA NUTFAH BENIH IKAN KALUI (Osphronemous goramy Lac.) DI WADUK KOTO PANJANG, RIAU

Adriani Sri Nastiti Krismono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pemanfaatan benih ikan kalui (Osphronemous goramy Lac.) diWaduk Koto Panjang. Pengamatan dan pencatatan data dan informasi secara kualitatif dilakukan di 8 lokasi pada daerah litoral Waduk Koto Panjang, yaitu Muara Takus, Kuto Tuo Tiwi, Pongkay, Padasa (Gunung Malelo), Bukit Seligi, Batu Bersurat, Tanjung Alai, dan Bukit Kincong. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember 2007 dengan
menggunakan metode pengamatan in situ dan wawancara dengan nelayan serta berdasarkan pustaka. Parameter yang diamati meliputi benih ikan kalui dan habitat, fisika kimiawi air, pemasaran, penghasilan, alat tangkapan benih ikan kalui ukuran induk, dan hasil tangkapan ikan kalui ukuran besar atau induk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa benih ikan kalui banyak ditemukan berkelompok di daerah litoral dan menempati habitat dengan berlindung di bawah vegetasi. Ukuran benih pada umumnya berkisar 5,5 - 9,5 cm. Distribusi benih ikan kalui adalah di sepanjang litoral Waduk Koto Panjang. Hasil tangkapan rata-rata benih ikan kalui dari seorang nelayan selama 1 tahun adalah 21.600 ekor, artinya 20 orang nelayan aktif selama 1 tahun memperoleh 432.000 ekor.
Eksploitasi benih ikan kalui yang berlebihan dapat mengancam plasma nutfah ikan tersebut.

Keywords


plasma nutfah; ikan kalui; Waduk Koto Panjang

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bawal.2.3.2008.99-106


Creative Commons License
Bawal Widya Riset Perikanan Tangkap is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
p-ISSN 1907-8226
e-ISSN 2502-6410

Find in a library with WorldCatCrossref logo
SHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj