PROSPEK PENGEMBANGAN PLASMA NUTFAH IKAN BAUNG (Mystus nemurus C.V.l

N iam Muflikhah, Syarifah Nurdawati, Siti Nurul Aida

Abstract


lkan baung (Mysfus nemurus C V.) termasuk ikan asli perairan umum yang mempunyai nrlai ekonomi yang cukup tlnggi dan layak untuk dibudidayakan, seperti halnya ikan-ikan perairan umum lainnya (jelawat, patin, lampam,tembakang, dan lain-lain). lkan ini berpotensi untuk diekspor baik di tingkat konsumsi mautun di tingkat benih. Masalah yang dihadapi dalam budi daya adalah pertumbuhannya retatif lambat dibandingkan ikan patin, terutama pada saat air surut pada musim kemarau pertumbuhan sangat lambat bahkan minus
dibandingkan pada saA air besar atau penghujan. lkan baung bersifat karnivora tetapi sudah dapat tumbuh baik dengan pakan berbentuk pelet, baik komersil maupun racikan Induk betina memiliki fekunditas yang tinggi dengan Jumlah telur dari 2.500 sampai dengan 128.000 dari bobot 300 sampai dengan 1 250 g, induk jantan juga memiliki sperma yang cukup banyak terutama di daerah Jambi dan Riau. Selain itu, memiliki ukuran yang relatif besar-besar dibanding ikan baung dari Sumatera Selalan (Palembang). perbaikan mutu genetik ikan baung akan sangat berguna bagj pengembangan budi daya di masa yang akan datang.

Keywords


pfasma nutfah; ikan baung; Mystus nenurusC.V.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/bawal.1.1.2006.11-18


Creative Commons License
Bawal Widya Riset Perikanan Tangkap is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
p-ISSN 1907-8226
e-ISSN 2502-6410

Find in a library with WorldCatCrossref logo
SHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj