PENENTUAN KANDUNGAN AMMONIA (N-NH3) BERDASARKAN HASIL ANALISA KANDUNGAN AMMONIUM (N-NH4) DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) POSO KABUPATEN POSO SULAWESI TENGAH

Dedi Sumarno, Tri Muryanto

Abstract


Daerah aliran sungai (DAS) Poso secara geografis terletak di Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki luas DAS ± 1101,87 km2 dan panjang ± 68,70 km (Ishak, 2010). Pada alur sungai Poso terdapat jeram di Sulewana sepanjang 1 km dengan ketinggian jatuh ± 470 m (Krismono, et al. 2011). Daerah aliran sungai Poso membentang dari wilayah Tentena/danau Poso (hulu) hingga wilayah Kayamana (hilir) yang merupakan daerah muara yang berbatasan langsung dengan Teluk Tomini. Kondisi lingkungan sekitar DAS Poso berupa permukiman yang banyak terkonsentrasi di daerah outlet danau Poso (hulu), desa Sulewana, desa Pandiri, dan daerah muara, disisi kanan dan kiri sungai sebagian besar ditumbuhi oleh pepohonan dan ilalang dengan kontur tanah berupa tanah liat (lempung) hingga pasir. 


Keywords


Kandungan; ammonia; ammonium; daerah aliran Sungai; Poso; Sulawesi Tengah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.13.2.2015.113-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450