TEKNIK PENGAMBILAN DAN IDENTIFIKASI BENTOS KELAS OLIGOCHAETA DI DAERAH INDAKIAT RIAU PEKANBARU

Mirna Dwirastina

Abstract


Menurut Fahrul (2007) bahwa bentos merupakan hewan yang hidup didasar perairan atau dipermukaan dasar perairan. Berdasarkan ukuranya bentos dapat dibedakan menjadi tiga yaitu makro bentos, mesobentos dan mikrobentos. Hewan yang hidup didasar dan ukuranya 3-5mm termasuk dalam makrobentos. Hewan yang berukuran 0,1 – 1 mm termasuk dalam
mesobentos sedangkan yang berukuran dibawah 0,1 mm termasuk dalam mikrobentos.Menurut Hawkes (1979) bahwa peranan bentos diperairan sangat penting dan dalam penelitian bentos berperan dalam menentukan indikator kualitas perairan karena sifat bentos yang diam atau menetap dan tidak banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan baik arus ataupun
gelombang. Kehidupan bentos dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Adapun faktor–faktor yang mempengaruhi kehidupan bentos tersebut yaitu tipe sedimen, salinitas dan kedalaman (Sahala,1985). 

Diantara bentos yang relatif mudah diidentifikasi dan peka terhadap perubahan lingkungan perairan adalah jenis-jenis yang termasuk dalam kelompok invertebrate, dikenal dengan makrozoobenthos (Rosenberg, 1993).

Makrozoobenthos merupakan hewan yang sebagian atau seluruh siklus hidupnya berada di dasar perairan, baik yang sesil,merayapmaupunmenggali lubang.Hewan inimemegang beberapa peran penting dalamperairan seperti dalamproses dekomposisi dan mineralisasimaterial organik yangmemasuki perairan serta menduduki beberapa tingkatan trofik dalam rantai makanan. Makrozoobenthos dapat bersifat toleranmaupun bersifat sensitif terhadap perubahan lingkungan. Organisme yang memiliki kisaran toleransi yang luas akan memiliki penyebaran yang luas juga. Sebaliknya organisme yang kisaran toleransinya sempit (sensitif) maka penyebarannya juga sempit (Odum, 1993)


Keywords


Teknik pengambilan dan identifikasi, bentos, dasar perairan, Makrozoobenthos



DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.11.2.2013.41-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450