PENANGKAPAN UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii) MENGGUNAKAN RAWAI UDANG DI SUNGAI SIAK BAGIAN HILIR, PROVINSI RIAU

Syamsul Bahri, achmad saiyani

Abstract


Sungai Siak merupakan salah satu daerah penangkapan ikan (fishing ground) yang cukup penting bagi masyarakat nelayan di Provinsi Riau. Sungai Siak mempunyai karakteristik perairan di mana bagian tengah berasosiasi dengan rawa banjiran (floodplain). Perairan bagian hilir dipengaruhi pasang surut air laut dan berair payau bagian hulunya terletak di dataran tinggi berair tawar. Sepanjang aliran sungai menerima aliran beberapa anak sungai dengan karakteristik yang beragam.

Udang galah (Macrobrachium rosenbergii) merupakan salah satu sumber daya ikan yang banyak dimanfaatkan. Udang galah mempunyai nilai ekonomis tinggi. Di Provinsi Riau, pasokan udang galah untuk memenuhi kebutuhan konsumen didominansi dari hasil tangkapan di perairan umum. Di Sungai Siak, udang galah dapat ditemukan di bagian hilir sampai hulu sungai.Utomo (2001)mengatakan bahwa siklus hidup udang galah memerlukan dua habitat yaitu perairan air tawar dan payau. Udang galah tumbuh dewasa dan kawin di perairan tawar, dan telur menetas sampai post larva berada di perairan payau.


Keywords


sungai siak, udang galah, ekonomis



DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.10.1.2012.1-4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450