PENGUKURAN MORFOMETRIK IKAN BAUNG MUNTI (Bagrichthys macracanthus) DI SUNGAIMUSI

Yanu Prasetiyo Pamungkas, Tumiran Tumiran

Abstract


Ikan baung munti adalah salah satu famili dari Bagridae. Mempunyai ciri sungut rahang bawah bagian luar maupun dalam lurus. Berwarna hitam dengan garis putih sepanjang gurat sisi. Sirip lemak panjang dan tidak terikat oleh badan bagian belakang (Kottelat et al., 1993).Dari ikan contoh yang diperoleh diSungai Musi telah ditemukan tiga jenis ikan baungmunti yaitu jenis Bagroides melapterus, Bagrichthys macracanthus, dan Bagrichthys micranodus.

Setiap ikan mempunyai ukuran yang berbeda beda, tergantung pada umur, jenis kelamin, dan keadaan lingkungan hidupnya. Faktor-faktor lingkungan dapat mempengaruhi kehidupan ikan antara lainmakanan, pH, suhu, dan salinitas, dengan demikian, walaupun dua ekor ikan mempunyai umur yang sama namun ukuran mutlak di antara keduanya dapat saling berbeda.Ukuran ikan adalah jarak antara suatu bagian tubuh dengan bagian tubuh yang lainnya. Pada tulisan ini akan diinformasikan tentang hasil dari pengukuran morfometrik pada ikan baungmunti jenis Bagrichthysmacracanthus yang hidup di Sungai Musi bagian hilir. Pengukuran morfometrik merupakan


Keywords


ikan baung; tiga jenis; faktor lingkungan;



DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.10.1.2012.31-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450