ON BOARD OBSERVER PADA KAPAL PURSE SEINE TERI DI PERAIRAN PANTAI LHOKSEUMAWE, ACEH

M Fadli Yahya, Hari Ilhamdi

Abstract


Alat tangkap pukat cincin (purse seine) adalah alat tangkap ikan pelagis yang tidak membutuhkan tenaga penarikan yang besar untuk menarik jaring, akan tetapi tenaga ini ditujukan supaya kapal yang dipakai dapat mencapai kecepatan melingkar bebas yang baik dengan memiliki bentuk lambung yang dirancang khusus agar memiliki kemampuan olah gerak berputar yang baik (Fyson, 1985).

Keywords


Kapal; Purse Seine; Lhokseumawe; Aceh

Full Text:

PDF

References


Fyson, J. 1985. Design of Small Fishing Vessels. Fisheries Industries Division FAO (Roma Italy. FAO, United Nation. Surrey, England

Suwarso. 2018. Management of Transboundary Species for The Southern Andaman Sea. Technical Expert Meeting, SEAFDEC. Bangkok, 4-5 April 2018.

Suwarso dan Hufiadi. 2017. Keragaman Sumberdaya Perikanan di Perairan Selat Malaka: Kajian Pemanfaatan dan Opsi Pengelolaan. Seminar Nasional Perikanan Tangkap IPB Ke 7, 22 Agustus 2017.

Suwarso and Achmad Zamroni. 2015. Research on Biology of Indian-mackerel (Rastrelliger kanagurta, Scombridae) in Indonesian Region of Bay of Bengal Large Marine Ecosystem. BOBLME Project, FAO.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/btl.17.1.2019.45-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2450