PENGARUH BOBOT AWAL YANG BERBERDA TERHADAP PERTUMBUHAN CAULERPA (Caulerpa lentillifera) DI KOLAM PENAMPUNGAN INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) TAMBAK UDANG SUPER INTENSIF

Ilham Ilham, Safar Safar, Hamzah Hamzah

Abstract


Caulerpa lentillifera termasuk dalam golongan alga hijau. Produksi C. lentillifera masih rendah karena mengandalkan hasil dari alam sehingga dibutuhkan teknologi budidaya untuk menunjang kontinuitas produksi C. lentillifera. Perbedaan biomassa awal pada saat penanaman sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rumput laut. Hal ini sangat berkaitan dengan persaingan setiap individu rumput laut dalam mendapatkan unsur hara sebagai makanannya. Keberhasilan sistem penanaman dipengaruhi oleh penggunaan bibit yang baik dan bobot yang sesuai akan meningkatkan pertumbuhan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan bobot awal penanaman terhadap pertumbuhan C. lentillifera. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juli-Oktober 2020 di tambak penampungan air limbah udang Kabupaten Takalar, Sulawesi-Selatan. Tanaman uji yang digunakan dalam kegiatan ini adalah rumput laut dari jenis C. lentillifera yang berasal dari Tambak Laikan Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Tanaman uji dibudidayakan di dalam kolam penampungan limbah udang super intensif dan dipelihara selama 90 hari. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan tiga ulangan yaitu perlakuan A (500 g), B (750 g), dan C (1.000 g); variabel yang diamati adalah pertumbuhan dan kualitas air. Hasil pengujian menunjukkan pertumbuhan rumput laut C. lentillifera dengan bobot awal penanaman 1.000 g memberikan pertumbuhan relatif terbaik sebesar 2.100 ± 10,95%; dan pertumbuhan spesifik terbaik yaitu sebesar 5,26 ± 1,13%/hari.


Keywords


Caulerpa lentillifera; bobot awal penanaman berbeda; instalasi pengolahan air limbah; pertumbuhan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.19.2.2021.79-83


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar