PENENTUAN LIMIT DETEKSI METODE IDENTIFIKASI BAKTERI Aeromonas hydrophila MENGGUNAKAN KIT Analytical Profile Index (API) 20 E

Diah Artati, Moh. Oman

Abstract


Limit deteksi atau batas deteksi dalam pengujian mikrobiologi merupakan konsentrasi analit (mikroba) dalam sampel yang masih dapat dideteksi dalam kondisi percobaan yang ditentukan. Penentuan limit deteksi perlu dilakukan sebagai salah satu parameter uji dalam kegiatan validasi metode analisis mikrobiologi. Validasi dan verifikasi metode dibutuhkan sebagai standar ISO/IEC 17025:2017 (persyaratan umum laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi) dan juga sebagai mandatory untuk ISO/IEC 17025:2017 bagian yang harus dikomunikasikan kepada pelanggan. Tujuan dari kegiatan penentuan limit deteksi ini adalah untuk mengetahui batasan konsentrasi terendah yang masih dapat dideteksi oleh metode Kit API 20 E dalam kegiatan identifikasi bakteri Aeromonas hydrophila di Laboratorium Mikrobiologi BRPI Sukamandi. Sampel uji bakteri yang digunakan adalah bakteri hasil isolasi pada ikan patin yang sebelumnya sudah diidentifikasi dan dinyatakan positif terdeteksi sebagai Aeromonas hydrophila. Hasil penentuan limit deteksi metode identifikasi Aeromonas hydrophila menggunakan Kit API 20 E dengan enam replikasi menunjukkan bahwa konsentrasi 100 CFU/mL merupakan batas deteksi untuk pengujian identifikasi Aeromonas hydrophila menggunakan Kit API 20 E di Laboratorium Mikrobiologi BRPI Sukamandi dengan persentase recovery sebesar 83,33%.


Keywords


limit deteksi; API 20 E; Aeromonas hydrophila; validasi metode

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.19.2.2021.113-118


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar