UJI TOKSISITAS PRODUK EKSTRASELULAR DARI BAKTERI Vibrio harveyi TERHADAP BENIH KERAPU HIBRIDA CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus x E. lanceolatus)

Ketut M. Arya Sudewa, Sri Suratmi

Abstract


Produk ekstraselular bakteri dapat bersifat toksik pada ikan laut maupun ikan air tawar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui toksisitas dari produk ektraselular (extracellular product/ECP) bakteri Vibrio harveyi terhadap benih kerapu hibrida cantang (Epinephelus fuscoguttatus x E. lanceolatus). Sebanyak 260 ekor ikan kerapu hibrida cantang sehat (panjang rata-rata 8,065 ± 0,461 cm) digunakan dalam kegiatan ini. Masing-masing 130 ekor ikan uji diinjeksi intramuskular dengan 0,1 mL produk ekstraselular dari V. harveyi, dan 130 ekor lainnya diinjeksi dengan 0,1 mL phosphate buffer saline (PBS) sebagai kontrol. Sebanyak 60 dan 70 ekor ikan uji dari masing-masing perlakuan dipelihara dalam bak beton volume 500 L dengan sistem air mengalir dan diberi pakan pelet komersial dua kali sehari secara adlibitum. Pengamatan terhadap respons dan sintasan ikan diamati selama satu bulan. Hasil pengamatan terhadap ikan kerapu hibrida cantang yang diinjeksi dengan ECP dari V. harveyi menunjukkan nafsu makan menurun pada waktu pemberian. Respons makan dari ikan tersebut kembali tinggi atau normal sehari setelah pemberian ECP. Reaksi pembengkakan di area penyuntikan juga terlihat dan ikan terlihat berenang aktif, serta tidak menunjukkan adanya luka kemerahan atau borok selama pemeliharaan. Rata-rata sintasan ikan terlihat sama antara perlakuan ECP dan kontrol yaitu 95%. Hasil ini menunjukkan bahwa ECP dari V. harveyi tidak bersifat toksik pada ikan kerapu hibrida cantang.


Keywords


kerapu hibrida cantang; produk ekstraselular; injeksi intramuscular; respons ikan; sintasan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.19.2.2021.123-127


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar