PERFORMANSI PERTUMBUHAN PEMBESARAN IKAN KERAPU HYBRID, PERSILANGAN ANTARA KERAPU MACAN (Epinephelus fuscoguttatus) DENGAN KERAPU KERTANG (Epinephelus lanceolatus) DI KERAMBA JARING APUNG

Mujiono Mujiono, Darsudi Darsudi

Abstract


Ikan kerapu hybrid hasil perkawinan silang antara kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) dengan kerapu kertang (Epinephelus lanceolatus), merupakan salah satu langkah yang ditempuh untuk mendapatkan ikan kerapu unggul. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai performansi pertumbuhan dalam pembesaran kerapu hybrid hasil persilangan antara betina kerapu macan dengan jantan kerapu kertang. Benih kerapu hybrid dengan bobot antara 30-40 g dan panjang badan 10-12 cm ditebar di keramba jaring apung ukuran 2 m x 2 m x 2 m dengan kepadatan masing-masing 40 ekor/m3. Sebagai pembanding adalah benih kerapu macan dengan ukuran dan perlakuan pemeliharaan yang sama. Ikan diberi pakan berupa ikan rucah sampai kenyang dengan frekuensi pemberian pakan 1-2 kali sehari. Setelah 3 bulan ikan dipindahkan pada ukuran jaring 3 m x 3 m x 3 m, selanjutnya ikan kerapu diberi pakan ikan rucah sampai kenyang dengan frekuensi pemberian pakan sekali sehari. Lama pemeliharan 6 (enam) bulan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa ikan kerapu hybrid tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kerapu macan. Pada akhir percobaan bobot rata-rata kerapu hybrid adalah 868±58 g, sedangkan bobot rata-rata ikan kerapu macan adalah 285±35 g. Laju pertumbuhan ikan kerapu hybrid (4,5±0,4 g/ekor/hari) lebih cepat dibandingkan dengan ikan kerapu macan (1,4±0,2 g/ekor/hari).
KATA KUNCI: pertumbuhan, kerapu hybrid, kerapu macan, keramba jaring apung


Keywords


pertumbuhan, kerapu hybrid, kerapu macan, keramba jaring apung

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.11.1.2013.7-10


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar