PERFORMA REPRODUKSI IKAN NILA NIRWANA (Oreochromis niloticus) PADA MEDIA BERSALINITAS 5 PPT

Nur Fansuri, Oman Iskandar

Abstract


Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi telah berhasil membentuk strain ikan nila Srikandi untuk dibudidayakan pada perairan payau dari hasil perkawinan antara induk betina ikan nila Nirwana (Oreochromis niloticus) dengan induk jantan nila biru (O. aureus). Pengembangan budidaya ikan nila Srikandi pada perairan payau perlu didukung oleh aspek perbenihan. Dalam perbenihan, informasi performa reproduksi induk merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan budidaya. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui performa reproduksi ikan nila Nirwana (O. niloticus) sebagai induk tetua ikan nila Srikandi yang dipelihara pada salinitas 5 ppt. Ikan nila Nirwana betina berukuran 150-200 g dipelihara selama 40 hari dalam bak fiberglass yang berisi 250 liter air tawar dan air bersalinitas 5 ppt. Masing-masing sebanyak tiga ulangan. Parameter aspek reproduksi yang diamati pada akhir pemeliharaan meliputi tingkat kematangan gonad (TKG), indeks kematangan gonad (IKG), fekunditas, dan diameter telur. Hasil percobaan ini menunjukkan bahwa tingkat kematangan gonad ikan nila Nirwana betina yang dipelihara dalam air bersalinitas 5 ppt tidak berbeda dari yang dipelihara dalam air tawar, yaitu sama-sama terdiri atas TKG III (tingkat pematangan) dan TKG IV (tingkat matang), dengan indeks kematangan gonad yang juga tidak berbeda (2,66 ± 1,33% dibandingkan 2,76 ± 1,14%); sedangkan diameter telur ikan nila Nirwana yang dipelihara dalam air salinitas 5 ppt relatif lebih kecil (2,05 ± 0,50 mm dibandingkan 2,13 ± 0,09 mm), dengan fekunditas relatif yang lebih tinggi (8 ± 3 butir/g bobot ikan dibandingkan 5 ± 2 butir/g bobot ikan)

Keywords


ikan nila Nirwana (Oreochromis niloticus); salinitas 5 ppt; tingkat kematangan gonad; indeks kematangan gonad; diameter telur; fekunditas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.14.1.2016.5-8


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar