EKNIK PENANDAAN DENGAN Visible Implant Elastomer (VIE) PADA UDANG WINDU (Penaeus monodon)

Saifuddin Saifuddin, I Kadek Mastantra, Ni Luh Tati Aryan

Abstract


Budidaya perikanan laut di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring berkembangnya teknologi yang mendukung kegiatan budidayanya tersebut. Visible implant elastomer (VIE) merupakan jenis penandaan (tagging) warna yang disuntikkan pada jaringan tubuh dan sudah diujicobakan pada beberapa jenis organisme antara lain pada ikan, udang, reptilia dan amphibia. Penggunaan tagging VIE pada program selektif breeding udang windu sudah diterapkan, karena sangat berguna untuk membedakan turunan dari induk udang yang satu dengan induk udang yang lainnya, sehingga keturunan tersebut bisa ditelusuri lebih jelas. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengaplikasikan teknik penandaan dengan VIE pada yuwana dan calon induk udang windu (P. monodon) hasil selektif breeding. Bahan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah udang windu (P. monodon) yang berukuran di atas 4 g, VIE kit yang terdiri dari empat warna (merah, kuning, hijau, dan orange). Hasil yang diperoleh berupa 10 variasi warna VIE yang diterapkan pada masing-masing turunan dari 10 induk yang berbeda yaitu: orange-orange ( 1), hijau-hijau ( 3), kuning ( 5), orange-merah ( 6), merah-merah ( 11), kuning-kuning ( 15), orange-hijau ( 18), orange
( 26), hijau ( 28), dan merah ( 30). Dengan penandaan tersebut populasi antara turunan dari induk udang yang berbeda, yaitu yuwana dan calon induk yang ditandai dengan VIE dapat dipelihara dalam bak pembesaran yang sama dapat dibedakan.


Keywords


penandaan, udang windu (P. monodon) dan VIE

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.8.2.2009.185-187


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2442