PEMELIHARAAN LARVA UDANG WINDU (Penaeus monodon) DENGAN PEMBERIAN PROBIOTIK YANG BERBEDA PEND

Saifuddin Saifuddin, I Kadek Mas Tantra

Abstract


Udang windu (Penaeus monodon) merupakan komoditas perikanan yang dijadikan andalan utama dan mampu meningkatkan devisa negara. Namun ada beberapa hal yang menjadi kendala budidaya udang windu saat ini antara lain penurunan hasil produksi, pertumbuhan lambat, dan mudah terserang penyakit terutama infeksi virus. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan informasi probiotik yang paling baik dalam pemeliharaan larva udang windu (P. monodon) yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan sintasan larva udang. Kegiatan dilakukan di Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut, Gondol–Bali dengan menggunakan larva udang windu hasil pemijahan induk alam asal perairan Sumbawa. Larva dipelihara dengan perlakuan probiotik yang berbeda yaitu dengan probiotik dari bakteri Alteromonas sp. BY-9 (produk dari laboratorium bioteknologi Gondol) dan probiotik komersial (Ecoclean). Pemeliharaan dalam bak beton volume 4 m3 dengan kepadatan masingmasing
300.000 nauplii per wadah. Pemberian probiotik BY-9 sebesar 500 mg/L/bak
dan probiotik komersial (ecoclean) sebesar 10 mg/L/bak. Hasilnya adalah pemberian probiotik yang berbeda tidak menunjukkan perbedaan yang nyata; pertumbuhan dan kualitas larva cukup baik dengan sintasan sebesar 29,2% untuk larva yang dipelihara dengan probiotik Alteromonas sp. BY-9 dan 38,5% untuk larva yang dipelihara dengan probiotik komersial.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.8.1.2009.45-49


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar