POPULASI BAKTERI VIBRIO PADA PEMELIHARAAN LARVA UDANG PUTIH (Penaeus merguiensis) DENGAN PENAMBAHAN PROBIOTIK

Ni Nengah Suriadnyani, Ni Luh Tati Aryani, Kadek Mastantra

Abstract


Udang putih (Penaeus merguiensis) merupakan salah satu spesies alternatif budidaya udang yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan potensial sebagai penghasil devisa negara. Namun dalam pemeliharaannya sering terkendala munculnya bakteri vibrio. Penggunaan probiotik diduga dapat menurunkan populasi vibr io sehingga mendukung kelangsungan hidup larva. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang populasi vibrio pada media pemeliharaan larva udang putih yang dipel ihara dengan penambahan probiotik Alteromonas sp. BY-9. Pemeliharaan larva menggunakan 6 bak policarbonat volume 1 m3. Perlakuan yang diterapkan adalah pemeliharaan larva P. merguensis dengan pemberian probiotik Alteromonas sp. BY-9 dan tanpa probiotik sebagai kontrol. Larva dipelihara sampai PL-10 dan selama pemeliharaan diberikan pakan alami berupa plankton (Chaetoceros
ceratosporum), Artemia salina dan pakan buatan microencapsulated dengan jumlah yang disesuaikan dengan pertumbuhan larva udang. Untuk mengetahui populasi vibrio, sampel air diambil pada setiap perubahan stadia larva dan diinokulasikan pada TCBS Agar, selanjutnya diinkubasi selama 24 jam dan dihitung koloninya. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa populasi vibrio pada pemeliharaan larva dengan penambahan probiotik Alteromonas sp. BY-9 lebih rendah (zoea-1: 80 CFU/mL, zoea-3: 416 CFU/mL, mysis-3: 13.3 CFU/mL dan PL-1: 40.55 CFU/mL) bila dibandingkan pemeliharaan larva tanpa probiotik (zoea-1: 800, zoea-3: 670, mysis-3: 120, dan PL-1: 256.6 CFU/mL). Larva yang dipelihara dengan penambahan probiotik Alteromonas sp. BY-9 18% dan pemeliharaan tanpa probiotik menghasilkan sintasan sebesar 33%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.8.1.2009.93-96


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar