SCREENING PRIMER PADA ANALISA RAPD GENETIK IKAN UCENG (Nemachilus sp.) POPULASI TEMANGGUNG, PURWOKERTO, CIJERUK, DAN CIAMPEA

Sri Sundari, Bambang Priadi

Abstract


Ikan uceng termasuk ikan yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi di beberapa daerah di Indonesia. Dalam rangka pelestarian dan pengembangan budidaya ikan uceng maka dilakukan evaluasi keragaman genetik. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan primer yang tepat untuk analisis Random Amplified Polymorphic DNA (RAPD) genetik ikan uceng sebagai dasar untuk analisis keragaman genetik ikan uceng. Dalam penelitian ini primer yang digunakan adalah primer OPA-01—10. Sampel yang digunakan adalah sirip ikan uceng yang berasal dari Temanggung, Purwokerto, Cijeruk, dan Ciampea. Berdasarkan hasil screening terhadap 10 jenis primer, maka didapatkan primer OPA-08 yang dapat mengamplifikasi DNA ikan uceng dengan jumlah fragmen antara 5-16 dan ukuran band/pita DNA 220-3.000 bp.


Keywords


genetik; ikan uceng; amplifikasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.15.2.2017.51-56


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
E-ISSN: 2541-2442