EVALUASI PENGGUNAAN PETRIFILM AEROBIC COUNT PLATE (PACP) PADA PENGUJIAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) DI LABORATORIUM MIKROBIOLOGI BALAI RISET PEMULIAAN IKAN SUKAMANDI

Diah Artati, Moh. Oman

Abstract


Enumerasi mikroorganisme adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengestimasi jumlah mikroorganisme dalam suatu bahan atau sampel. Salah satu metode enumerasi mikroorganisme adalah pengujian Angka Lempeng Total (ALT) dengan menggunakan media cawan agar yang telah sesuai dengan SNI 2332.3:2015, yaitu TSA (triptic soy agar). Penggunaan media TSA dalam pengujian ALT tergolong mudah dan murah, tetapi kurang efektif. Media alternatif yang penggunaannya sedang berkembang adalah PACP (petrifilm aerobic count plate). Penggunaan media PACP dalam pengujian ALT perlu dievaluasi hasilnya dibandingkan dengan media TSA. Pengujian tersebut dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI), Sukamandi dengan menggunakan kultur murni bakteri Aeromonas hydrophila. Hasil pengujian penggunaan media PACP dibandingkan media TSA dalam penentuan ALT tersebut menunjukkan bahwa kedua media memberikan hasil yang relatif sama. Nilai ALT kultur murni bakteri A. hydrophila sama-sama dapat ditentukan pada tingkat pengenceran 10-6, dengan hasil jumlah koloni yang relatif sama (188 dan 177 koloni dibandingkan 218 dan 186 koloni). Evaluasi keterulangan dan reprodusibilitas dari penggunaan kedua media tersebut juga menunjukkan hasil yang sama-sama dapat diterima. Dengan demikian, penggunaan media PACP dalam pengujian ALT memiliki kesesuaian dengan SNI 2332.3:2015 sebagai acuan penentuan ALT pada produk perikanan.


Keywords


ALT (angka lempeng total); PACP (petrifilm aerobic count plate); TSA (triptic soy agar)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.16.1.2018.5-9


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar