PEMELIHARAAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) DENGAN PEMBERIAN PAKAN MOIST PELLET DENGAN PENAMBAHAN KOMBINASI PROBIOTIK

I Kadek Mastantra, Dadang Rusmana

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan sintasan lobster pasir, Panulirus homarus yang diberi pakan moist pellet dengan ditambahkan probiotik. Pemeliharaan lobster menggunakan sembilan bak beton dengan volume 4 m3 selama tiga bulan, masing-masing bak ditebar lobster sebanyak 40 ekor dan diberi kode sesuai perlakuan Bak D-1, D-5, dan R-1 diberikan pakan moist tanpa probiotik (kontrol). Bak D-2, D-4, dan R-2 pakan moist yang ditambahkan kombinasi probiotik sedangkan bak D-3, D-6, dan R-3 diberikan pakan moist dengan kombinasi probiotik MOS (Mannan Oligo Saccharida). Bobot awal lobster 60-90 g/ekor. Pengamatan panjang dan bobot tubuh lobster dilakukan setiap satu bulan, sedangkan sintasan  dihitung pada akhir kegiatan. Hasil yang diperoleh pada pembesaran lobster pasir P. homarus selama tiga bulan pemeliharaan menunjukkan pertumbuhan yang berbeda pada perlakuan namun sintasan tidak berbeda.  Pada perlakuan penambahan kombinasi probiotik (D-2, D-4, R-2) dan (D-3, D-6, R-1) probiotik dan prebiotik-MOS menunjukkan pertumbuhan yang tidak berbeda masing-masing mencapai bobot 156,97 g  dan 153,75 g; sedangkan pada (D-1, D-5, R-3) kontrol hanya diperoleh bobot 148,45 g. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penambahan kombinasi probiotik dan prebiotik MOS dapat meningkatkan laju pertumbuhan. Sedangkan sintasan lobster selama tiga bulan pemeliharaan dengan pakan probiotik dan prebiotik-MOS maupun kontrol menghasilkan nilai yang tidak berbeda nyata.

Keywords


lobster pasir; probiotik; prebiotik MOS; moist pellet

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.16.2.2018.105-108


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar