PENGARUH DOSIS RAGI YANG BERBEDA DALAM PAKAN INDUK TERHADAP FEKUNDITAS DAN TINGKAT FERTILISASI TELUR IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus)

Aditiya Nugraha, Mikdarullah Mikdarullah

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui pengaruh dosis ragi yang berbeda (0%, 1%, 2%, dan 3%) dalam pakan induk terhadap fekunditas dan tingkat fertilisasi telur ikan baung (Hemibagrus nemurus). Pengamatan dilakukan pada bulan November 2018 di Laboratorium Basah Nutrisi dan Teknologi Pakan Ikan, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP), Bogor. Alat yang digunakan adalah timbangan digital, alat bedah, spuit, mangkok telur, kateter, bulu ayam, serokan, akuarium, aerator, batu aerasi, kain lap, boks plastik, dan saringan kain; sedangkan bahan yang dipakai adalah hormon ovaprim, telur ikan baung, sperma ikan baung, larutan fisiologis, akuabides, tisu, air tawar, dan es. Pemijahan ikan baung dilakukan dengan menyuntikan hormon ovaprim. Setelah 12-13 jam dari penyuntikan induk betina, telur ikan baung dikeluarkan dengan cara di-striping dan dicampurkan dengan sperma. Telur yang telah dibuahi disebarkan di akuarium penetasan telur. Sampel telur dimasukkan ke dalam boks plastik untuk diamati fertilisasi telurnya. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa perlakuan dosis ragi 3% menghasilkan fekunditas tertinggi sebesar 15.281 butir telur dan fertilisasi tertinggi dihasilkan oleh perlakuan ragi 1%.
 


Keywords


ragi; pakan; fekunditas; fertilisasi; ikan baung

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.17.1.2019.41-43


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar