UJI HOMOGENITAS SAMPEL UJI BANDING PENGUKURAN KADAR AMONIA DAN NITRIT AIR PERMUKAAN DI BALAI RISET PEMULIAAN IKAN, SUKAMANDI

Dina Sri Wardhani, Inna Nurbayanti

Abstract


Kompetensi laboratorium dibuktikan dengan penerapan pengendalian mutu internal untuk memantau keabsahan pengujian, di antaranya dengan keikutsertaan uji banding antar laboratorium. Uji banding antar laboratorium dilakukan dengan suatu bahan uji yang serupa dan homogen yang didistribusikan kepada semua laboratorium peserta, sehingga perlu dilakukan uji homogenitas untuk memastikan kehomogenan sampel sebelum didistribusikan kepada laboratorium peserta. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui homogenitas sampel dalam pengukuran kadar amonia dan nitrit air permukaan di Balai Riset Pemuliaan Ikan, Sukamandi untuk pelaksanaan uji banding. Sampel yang diuji homogenitasnya terdiri atas 10 sampel air permukaan. Penentuan kriteria homogenitas mengacu pada empat kriteria berdasarkan nilai uji statistik. Hasil uji homogenitas pengukuran kadar amonia dan nitrit sampel air permukaan di Laboratorium Pengujian Balai Riset Pemuliaan Ikan (LP-BRPI), Sukamandi menunjukkan hasil yang bersifat homogen berdasarkan kriteria-1, dengan nilai F hitung (berturut-turut untuk kadar amonia dan nitrit sebesar 1,06 dan 0,61) lebih kecil daripada F tabel (3,02). Dengan demikian, sampel tersebut siap dikirim ke masing-masing laboratorium peserta uji banding untuk pelaksanaan proses uji banding.


Keywords


air permukaan; kadar amonia; kadar nitrit; uji homogenitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.17.2.2019.95-98


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar