PEMANFAATAN BAHAN BAKU LOKAL DARI LIMBAH AMPAS BIR UNTUK PAKAN PEMBESARAN IKAN KERAPU CANTIK(Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus polyphekadion)

Darsudi Darsudi, Mujiono Mujiono, Wayan Sada

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi bahan baku alternatif pengganti tepung ikan yang berupa bahan lokal dari limbah ampas bir dalam ransum pakan buatan terhadap pembesaran ikan kerapu cantik (Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus polyphekadion). Kegiatan yang dilakukan adalah mengevaluasi bahan lokal pengganti bahan baku tepung ikan dibandingkan dengan pakan kontrol yang menggunakan tepung ikan sebagai sumber protein. Pengamatan dilakukan dalam jaring KJA dengan perlakuan (A) limbah ampas bir, dan (B) kontrol. Ikan dipelihara dalam KJA dengan ukuran jaring 2 m x 2 m x 2 m dengan kepadatan 100 ekor benih ikan kerapu cantik dengan bobot per ekor ± 78 g. Pakan diberikan 2 kali sehari, hingga kenyang (Ad-libitum). Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa tepung ampas bir menghasilkan laju pertumbuhan ikan lebih rendah 17,6% dibanding kontrol, namun demikian bahan lokal ini masih punya potensi untuk dikembangkan sebagai bahan baku penyusun pakan buatan dalam pembesaran ikan kerapu cantik.

 


Keywords


ampas bir; tepung ikan; ikan kerapu cantik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.13.2.2015.113-116


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar