PENENTUAN BATAS DETEKSI METODE, LIMIT DETEKSI, DAN LIMIT KUANTISASI PENGUJIAN KESADAHAN SECARA TITRIMETRI MENGGUNAKAN ALAT TITRASI KONVENSIONAL

Deny Puji Utami, Dina Sri Wardhani, Inna Nurbayanti H.

Abstract


Batas deteksi metode (MDL) adalah kadar analit yang ditentukan sesuai tahapan metode pengujian secara menyeluruh sehingga menghasilkan sinyal dengan probabilitas 99% di mana sinyal tersebut berbeda dengan blanko, sedangkan limit deteksi (LoD) merupakan konsentrasi atau jumlah terkecil atau terendah dari analit dalam sampel yang dapat terdeteksi, tetapi tidak perlu terkuantisasi dan merupakan parameter uji batas terkecil yang dimiliki oleh suatu alat/instrumen. Limit kuantisasi (LoQ) adalah konsentrasi atau jumlah terendah dari analit yang masih dapat ditentukan dan memenuhi kriteria akurasi dan presisi. Limit kuantisasi yang biasa disebut limit pelaporan. Berdasarkan hasil pengukuran diketahui bahwa nilai MDL, LoD, dan LoQ dari pengukuran kesadahan dengan metode titrimetri dengan alat titrasi konvensional adalah sebesar 4,63; 2,10; dan 5,92 mg/L. Hasil ini sesuai dengan SNI 06-6989.12-2004 yang menyatakan konsentrasi terendah yang dapat diukur adalah 5 mg/L.


Keywords


MDL; LoD; LoQ; titrasi; titrimetri

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.18.1.2020.57-61


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar