TATA CARA PENYIAPAN SAMPEL UJI BANDING ANTAR LABORATORIUM DI LABORATORIUM PENGUJI KIMIA AIR BALAI BESAR RISET BUDIDAYA LAUT DAN PENYULUHAN PERIKANAN (BBRBLPP)

Ni Kadek Ariani, Deny Puji Utami, Ni Putu Ayu Kenak

Abstract


Uji banding antar laboratorium adalah pengelolaan, unjuk kerja, dan evaluasi pengujian atas bahan yang sama atau serupa oleh dua atau lebih laboratorium yang berbeda sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan terlebih dahulu. Tujuan uji banding ini adalah untuk mengetahui performa dari Laboratorium Penguji Kimia Air Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) dan memberikan jaminan mutu terhadap hasil pengujian, bahwa hasil pengujian telah sesuai dengan tujuan pengujian. Sampel uji banding dibuat di laboratorium penguji kimia air di BBRBLPP dari standard reference material (SRM) masing-masing parameter dengan konsentrasi tertentu. Untuk matriks air laut, SRM dilarutkan dalam air laut buatan, sedangkan untuk air tawar SRM dilarutkan dalam akuades. Sampel uji banding dibuat homogen dan diuji homogenitasnya dengan cara membagi sampel menjadi e” 10 botol, kemudian diambil secara acak 10 botol sampel. Sepuluh sampel terpilih diukur kadar amoniak (N-NH3), nitrit (N-NO2), fosfat (PO4-P), dan pH sebanyak dua kali ulangan. Data hasil pengujian tersebut diuji homogenitasnya. Berdasarkan hasil pengukuran dan uji homogenitas diketahui bahwa sampel dengan kode A dan B bersifat homogen untuk semua parameter, sementara untuk sampel C dan D untuk parameter pH tidak homogen, sehingga perlu dihomogenkan ulang.


Keywords


jaminan mutu; uji banding; uji homogenitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.18.1.2020.63-67


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar