UJI HOMOGENITAS TEPUNG IKAN PADA SAMPEL UJI BANDING ANTAR LABORATORIUM DI BALAI BESAR RISET BUDIDAYA LAUT DAN PENYULUHAN PERIKANAN

Suciati Suciati, Deny Puji Utami, Ni Putu Ari Arsini

Abstract


Kompetensi laboratorium dapat dibuktikan dengan penerapan pengendalian mutu internal yang baik dan benar, serta implementasi jaminan mutu di antaranya dengan keikutsertaan dalam program uji profisiensi atau uji banding antar laboratorium. Uji banding antar laboratorium dilakukan dengan suatu bahan uji yang serupa dan homogen. Sebelum sampel dikirim ke masing-masing peserta uji banding, perlu dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui sampel uji banding telah benar-benar homogen. Tujuan dari uji homogenitas tidak lain adalah untuk mengetahui sampel uji banding tepung ikan bersifat homogen atau tidak. Sampel yang diuji homogenitasnya terdiri atas 12 sampel tepung ikan. Hasil uji homogenitas pengukuran kadar abu dan protein menunjukkan hasil yang bersifat homogen berdasarkan kriteria-2 dengan nilai standar deviasi sampling <0,5 SDp (Horwitz) (untuk kadar abu 0,07<0,17 dan protein sebesar 0,28<0,65). Hasil uji homogenitas pengukuran kadar air dan lemak dinyatakan homogen berdasarkan kriteria-1, dengan nilai F hitung (berturut-turut untuk kadar air dan lemak sebesar 0,61 dan 1,90) lebih kecil daripada F tabel (2,72). Berdasarkan hal tersebut sampel uji banding siap untuk dikirim ke masing-masing perserta uji banding.


Keywords


akreditasi; homogenitas; tepung ikan; uji banding

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/blta.18.2.2020.139-143


Creative Commons License
Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
P-ISSN: 1412-9574
E-ISSN: 2541-2442

google scholar