PEMBESARAN CALON INDUK UDANG WINDU, Penaeus monodon STRAIN TUMBUH CEPAT DENGAN DASAR BAK BERBEDA SISTEM INDOOR

Syarifuddin Tonnek, Ike Trismawanti

Abstract


Pembesaran calon induk udang windu, Penaeus monodon strain tumbuh cepat fase prematurasi dengan dasar bak berbeda sistim Indoor telah dilakukan di Instalasi Pembenihan Udang Windu (IPUW) di Barru, dari bulan Februari sampai bulan Juli 2013. Pada penelitian ini perlakuan yang diujicoba adalah 3 jenis dasar bak yaitu ; dasar bak dengan sistim resirkulasi (A), dasar dilapisi pasir 5 cm (B), dan dasar bak tanpa lapisan (C), masing-masing dengan 3 ulangan. Pada penelitian ini diaplikasikan 3 tahap kegiatan pemeliharaan yaitu; pemeliharaan 2 bulan pertama dengan kepadatan 15 ekor/ton, pemeliharaan 2 bulan kedua dengan kepadaran 10 ekor/ton dan pemeliharaan 2 bulan ketiga dengan kepadatan 5 ekor/ton untuk ketiga perlakuan. Pakan yang diberikan selama penelitian adalah pelet dengan kandungan protein sekitar 40% pada pukul 08.00 dan 14.00, masing-masing sebanyak 1,5% dan pakan segar berupa cumi-cumi pada pukul 20.00 sebanyak 10% dari bobot total udang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan udang pada ketiga perlakuan dengan 3 tahapan pemeliharaan tidak menunjukkan perbedaan nyata, kecuali pada pemeliharaan 2 bulan ketiga dimana pertumbuhan pada perlakuan A dan B tidak berbeda nyata tetapi berbeda nyata dengan perlakuan C. Sedangkan sintasan menunjukkan perbedaan nyata pada setiap tahapan pemeliharaan. Ada kecencerungan bahwa sintasan pada perlakuan A dan C lebih tinggi dibandingkan

dengan perlakuan B. Kualitas air meliputi suhu, salinitas, pH, kandungan oksigen, nitrit dan amoniak masih dalam batas kelayakan hidup udang windu. Namun demikian, atas pentimbangan tenaga dan kebutuhan air baku selama pemeliharaan, penggunaan bak resirkulasi berdasar pasir menunjukkan efiensi yang lebih baik dan dapat direkomendasikan.


Keywords


pembesaran, udang windu, strain tumbuh cepat, dasar bak berbeda

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats