PERTUMBUHAN PLANKTON PADA APLIKASI PROBIOTIK DALAM PEMELIHARAAN UDANG WINDU (Penaeus monodon FABRICIUS) DI BAK TERKONTROL

Machluddin Amin, Abdul Mansyur

Abstract


Penggunaan probiotik sebagai upaya untuk memperbaiki lingkungan budidaya (tambak) seperti mengurangi limbah organik pada tambak udang intensif yang berasal dari sisa pakan, kotoran, dan metabolit udang. Tujuan penelitian adalah mendapatkan data informasi tentang pertumbuhan plankton pada aplikasi berbagai sumber karbohidrat untuk perbanyakan bakteri probiotik dalam pemeliharaan udang windu (P.monodon Fabricius), menggunakan bak kayu ukuran 1 m x 1 m x 0,6 m sebanyak 12 buah. Perlakuan yang diuji adalah sumber karbohidrat untuk perbanyakan probiotik yaitu perlakuan A = dedak, perlakuan B = sagu, perlakuan C = tapioka, dan perlakuan D = tanpa sumber karbohidrat, masing-masing dengan 3 ulangan. Organisme yang digunakan adalah benur udang windu (P. monodon Fabricius) ukuran bobot 0,3 g dengan padat tebar 50 ekor/bak. Probiotik yang telah diperbanyak dengan menggunakan komposisi perlakuan diberikan sebanyak 5 ppm setiap 7 hari sekali ke wadah pemeliharaan udang windu. Pengamatan plankton dilakukan sebanyak 3 kali setiap 2 minggu dengan menyaring dan memadatkan air contoh media sebanyak 50 liter menjadi 100 ml dengan plankton net no. 25. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan aplikasi berbagai sumber karbohidrat untuk perbanyakan probiotik belum berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kelimpahan dan jumlah jenis plankton. Komposisi jenis plankton yang ditemukan terdiri atas fitoplankton diwakili oleh kelas Bacillariophyceae, Dinophyceae, dan Cyanophyceae, sedangkan jenis zooplankton diwakili oleh kelas Krustacea, Polychaeta dan Rotatoria. Indeks keragaman menunjukkan komunitas plankton semua perlakuan tidak stabil, indeks keseragaman menunjukkan komunitas plankton pada perlakuan D relatif lebih merata dibanding perlakuan lainnya, indeks dominansi menunjukkan komunitas plankton semua perlakuan dalam keadaan labil.

 

 


Keywords


plankton, probiotik, udang windu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats