GAMBARAN PERTUMBUHAN PANJANG BENIH IKAN BOTIA (Chromobotia macracanthus) HASIL BUDIDAYA PADA PEMELIHARAAN DALAM SISTEM HAPA DENGAN PADAT PENEBARAN 5 EKOR PER LITER

Darti Satyani, Nina Meilisza, Lili Solichah

Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pertumbuhan panjang pada benih ikan botia hasil budidaya hingga ukuran ekspor 1 inci (2,5 cm) telah dilakukan di Balai Riset Budidaya Ikan Hias Depok. Panjang rata-rata benih ikan botia di awal penelitian berukuran 1,0 cm dan bobot rata-rata 0,009 g. Ikan ditempatkan dalam bak fiber berkapasitas 200 L diisi dengan hapa berupa etabol berwarna coklat yang berukuran 0,5 m x 0,5 m x 0,5 m dan tinggi air 40 cm. Hapa diisi ikan dengan padat tebar 5 ekor per liter (500 ekor per hapa). Selama pemeliharaan, ikan diberi pakan berupa cacing darah dan ditambahkan pellet sesudah ikan berukuran panjang rata-rata 2,0 cm. Penelitian menggunakan 4 (empat) kali ulangan dengan melakukan pengamatan pada hari ke–0, 20, 35, 55, 70, dan 105 dan dianalisis secara deskriptif. Lama pemeliharaan mengikuti target pasar untuk ukuran panjang ikan yaitu 2,5 cm (ukuran ekspor). Pengamatan dilakukan terhadap panjang total rata-rata benih ikan botia dan digunakan untuk menghitung laju pertumbuhan panjang harian benih ikan botia. Berdasarkan grafik hasil penelitian diketahui bahwa target panjang rata-rata ukuran ekspor 1 inci (2,5 cm) dari seluruh total populasi pada setiap ulangan tercapai pada lama pemeliharaan sekitar 80 hari. Pada akhir penelitian (hari ke–105), lebih dari 90% total populasi ikan botia yang dipelihara telah mencapai ukuran >2,5 cm dan panjang tertinggi sebesar 3,6 cm dengan laju pertumbuhan panjang harian benih ikan botia adalah 1% per hari.


Keywords


benih botia; pertumbuhan panjang; ukuran ekspor 1 inci (2,5 cm)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats