PENGARUH PADAT PENEBARAN TERHADAP SINTASAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN HIAS SILVER DOLLAR (Metynnis hypsauchen) DALAM SISTEM RESIRKULASI

Tutik Kadarini, Lili Sholichah, Marendra Gladiyakti

Abstract


Silver Dollar (Metynnis hypsauchen) merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Amerika Selatan. Sistem resirkulasi dalam pembenihan dapat meningkatkan padat tebar serta sintasan dan pertumbuhan benih ikan silver dollar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh padat penebaran terhadap sintasan dan pertumbuhan ikan silver dollar (Metynnis hypsauchen) dalam sistem resirkulasi. Ikan uji yang digunakan adalah benih berukuran panjang 2,13±0,02 cm dengan bobot 0,22±0,02 g. Desain penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan A (1 ekor/ L), B (2 ekor/L), C (3 ekor/L), dan D (4 ekor/L) dan masing-masing diulang sebanyak 3 kali. Ikan dipelihara dalam akuarium resirkulasi berukuran 40 cm x 25 cm x 40 cm dan diberi pakan pelet sebanyak 5% biomassa dengan frekuensi pemberian pakan 3x/hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perbedaan kepadatan tidak memberikan pengaruh terhadap sintasan, tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap pertumbuhan. Pertumbuhan dan sintasan terbaik adalah perlakuan A (kepadatan 1 ekor/L).


Keywords


Metynnis hypsauchen, resirkulasi, padat tebar, pertumbuhan, sintasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats