INSTRUMENTASI PEMANTAUAN JARAK JAUH UNTUK MENGUKUR KINERJA TURBIN ARUS PASANG SURUT LAUT

Hadhi Nugroho, Dwiyoga Nugroho

Abstract


Tulisan ini menjelaskan tentang sistem instrumentasi yang dapat diaplikasikan pada turbin arus pasang surut laut. Sistem instrumentasi pada turbin arus pasang surut laut ini meliputi seperangkat sensor pembaca parameter kinerja turbin, perekam data untuk mencatat dan menyimpan data yang dihasilkan sensor, dan sistem telemetri untuk mengirim data ke operator turbin. Sistem instrumentasi tersebut digunakan agar kinerja turbin arus pasang surut laut yang dipasang di suatu tempat dapat dipantau dari jarak jauh secara kontinu dan real time.Tujuan penelitian instrumentasi pengukuran kinerja turbin arus pasang surut laut adalah untuk merancang dan menguji sistem instrumentasi dalam mencatat, menyimpan, dan mengirimkan data parameter kinerja turbin. Pengujian dilakukan di perairan Muara Karang, Jakarta pada 15 November - 25 Desember 2012. Data parameter kinerja turbin yang diambil meliputi teganganlistrik generator, arus listrik generator, putaran turbin, serta tegangan baterai. Data tersebut akan tersimpan pada perekam data dengan kerapatan data(sampling rate) setiap 8 detik. Data tersebut juga akan dikirim ke operator turbin, dengan waktu pengiriman data setiap satu jam, yang berisi data parameter kinerja turbin setiap 5 menit. Dari data hasil uji coba, dapat dibuat grafik hubungan antara putaran turbin dengan tegangan generator dan putaran turbin dengan daya generator. Pada grafik putaran turbin dengan tegangan generator dan putaran turbin dengan daya generator, diperoleh hasil bahwa secara umum tegangan generator dan daya generator akan naik seiring dengan kenaikan putaran turbin, dengan kenaikan bersifat fluktuatif. Dari data pengujian, dapat disimpulkan bahwa perangkat keras instrumentasi turbin arus pasang surut laut telah berhasil dibuat dan dapat berfungsi dengan baik dalam mencatat, menyimpan, dan mengirimkan data parameter kinerja turbin.


Keywords


instrumentasi, telemetri, turbin

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2011). Data Logger (bagian 1). Diakses 6 Mei 2011 dari: http://www.sonoku.com.

Ariyus, D. dan Andri, R.K.R.. (2008). Komunikasi Data. Yogyakarta: Andi.

Darajat, A.U., Komarudin, M. dan Sulistiyanti, S.R. (2012). Sistem telemetri unmanned aerial vehicle (UAV) berbasis inertial measurement unit (IMU). Electrician Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro 6 (3), 169-177.

Oemry, A. dan Djunaedi, I. (2010). Sistem monitoring pembangkit listrik hibrit sel surya, turbin angin, fuel cell berbasis hidrogen. Jurnal Sains MIPA, 16 (1), 57-61.

Pasaribu, P. (2006). Evolusi Teknologi Telekomunikasi Bergerak: 1G to 4G. Diakses 9 Oktober 2012 dari: http://www.ilmukomputer.org/wp-content/ uploads/2006/09/ parlin-mobile.pdf.

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 01/PER/M.KOMINFO/01/2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi. Jakarta.

Riyadi, M. Z. (2011). Pengontrolan Temperatur pada Turbin Gas MS-5002 Menggunakan Speedtronic (Aplikasi PT. Arun NGL). Karya Akhir D4. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Rossy, C., Utomo, W. H., dan Wellem, T. (2006). Perancangan dan implementasi sistem informasi layanan short messaging service (SMS). Jurnal Informatika 2(2), 155 - 166.

Setiawan, I. (2009). Buku Ajar Sensor dan Transduser. Semarang: Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Sukiswo. (2005). Perancangan telemetri suhu dengan modulasi digital FSK-FM. Transmisi 10(2), 1- 8.

Suryansyah, Y. (2013). Potensi energi arus laut untuk pembangkit tenaga listrik di pulau-pulau kecil (Studi: Pulau Mantang di Bintan, Pulau Abang di Batam, dan Pulau Sugi di Karimun, Propinsi Kepulauan Riau). Jurnal Kelautan Nasional 8(1), 27-34.

Syariman, P. (2012). Perkembangan dan Aplikasi Telemetri dalam Bidang Sumber Daya Air di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum. 44 hlm.

Warsito, A. (2009). Pengantar Instrumentasi. Diakses 9 Oktober 2012 dari: http:// alifis.files.wordpress.com/2009/09/seri_elins-pengantar-instrumentasi.pdf‎.

Wijayanto, W. (2012). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kecepatan Turbin Generator Pada Miniplant Mikrohidro Skala Laboratorium di Workshop Instrumentasi. Tugas Akhir D3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkn.v9i1.6201

Copyright (c) 2017 Jurnal Kelautan Nasional


Creative Commons License

Copyright of Jurnal Kelautan Nasional (p-ISSN 1907-767Xe-ISSN 2615-4579)

Pusat Riset Kelautan
Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan

View My Stats

Index by