STUDI KARAKTERISTIK HIDRODINAMIKA KAPAL IKAN TRADISIONAL DI PERAIRAN PUGER JEMBER

Hery Indria Dwi Puspita, I Ketut Aria Pria Utama

Abstract


Secara umum, kapal ikan tradisional digunakan oleh nelayan di Indonesia dalam berlayar untuk menangkap ikan terutama nelayan di Kecamatan Puger, Jember. Pengrajin kapal ikan tradisional di Puger pada dasarnya hanya memodifikasi dari desain kapal sebelumnya dengan dasar keterampilan yang didapatkan dari turun-temurun pendahulunya. Karena kapal ikan tradisional di Puger tidak melalui proses formal dalam pembangunan kapal, maka diperlukan studi karakteristik hidrodinamika kapal ikan tradisional. Studi karakteristik hidrodinamika kapal ikan tradisional ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kapal bertahan dalam kondisi berbahaya saat beroperasi. Metode yang digunakan adalah dengan mengukur secara langsung dimensi utama dan mengukur bentuk body dari tiga kapal ikan tradisional di perairan Puger Jember. Selanjutnya hasil pengukuran tersebut digambar kembali, dan kemudian dilakukan evaluasi resistance dan seakeeping kapal ikan tradisional Puger Jember. Berdasarkan hasil evaluasi resistance dengan berbagai variasi kecepatan, kapal ikan tradisional di Puger Jember dengan lambung berbentuk lebih gemuk memiliki resistance yang lebih besar. Kemudian, dari evaluasi seakeeping ketiga kapal memiliki kriteria gerakan heave, pitch, dan roll yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk body kapal.


Keywords


Hidrodinamika, kapal ikan tradisional, resistance, seakeeping

Full Text:

PDF

References


Bhattacarya, R. 1978. Dynamics of Marine Vehicles. John Wiley & Sons: New York.

Chakrabarti, S. K. 1987. Hydrodynamics of Offshore Structures. Computational Mechanics Publications: Southampton.

Djatmiko, E. B. 2012. Perilaku dan Operabilitas Bangunan Laut di Atas Gelombang Acak. ITS Press: Surabaya.

Faltinsen, O. M. 2005. Hydrodynamics of High-Speed Marine Vehicles. Cambridge University Press: Cambridge.

Froude, W. 1861. On the Rolling of Ships. Transactions of INA. vol. 2.

Harvald, S. A. 1983. Resistance and Propulsion of Ships. Wiley Interscience: New York.

Haskind, M. D. 1946. The Hydrodynamic Theory of a Ship in Rolling and Pitching. Technical Reseacrch Bulletin. no. 1-12: 3-43.

Kim, M., Hizir, O., Turan, O., Day, S., and Incecik, A. 2017. Estimation of Added Resistance and Ship Speed Loss in a Seaway. Elsevier. pp. 1-12.

Korvin-Kroukovsky, B. V. 1955. Investigation of Ship Motions in Regular Waves. Transactions of SNAME. vol. 63: 386-435.

Kroukovsky, B. V. K and Jacobs, W. R. 1957. Pitching and Heaving Motions of a Ship in Regular Waves. Transactions of SNAME. vol. 63: 590-632.

Krylov, A.N. 1896. A New Theory of the Pitching Motion of Ships on Waves and of the Stresses Produced by This Motion. Transactions of INA. vol. 37.

Lewis, F. M. 1929. The Inertia of Water Surrounding a Vibrating Ship. Transactions of SNAME. vol. 37: 1-20.

Markwood, C. H. 2010. Hull Cross Sections for Multihulls. Mulitihull Dynamics Inc: French.

Molland, A. F., Turnock, S. R. dan Hudson, D. A. 2011. Ship Resistance and Propulsion. Cambridge University Press: Cambridge.

Schneekluth, H. and Bertram, V. 1998. Ship Design for Efficiency and Economy. Butterworth-Heinemann: Oxford.

Siombo, M. R. 2010. Hukum Perikanan Nasional dan Internasional. Gramedia: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkn.v12i1.6240

Copyright (c) 2017 Jurnal Kelautan Nasional


Creative Commons License

Copyright of Jurnal Kelautan Nasional (p-ISSN 1907-767Xe-ISSN 2615-4579)

Pusat Riset Kelautan
Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kelautan dan Perikanan

View My Stats

Index by