PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR MELALUI PENDEKATAN PENGEMBANGAN USAHA PERIKANAN

I Nengah Putra Winata

Abstract


Kondisi dan karakteristik kawasan pesisir ini menjadi tantangan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengelolanya secara bijak dalam rangka pembangunan nasional. Pengelolaan wilayah pesisir memiliki nilai strategis dalam pembangunan wilayah nasional karena memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Wilayah pesisir memiliki potensi sumber daya alam dan lingkungan yang besar dan dapat dijadikan sebagai modal pembangunan Indonesia ke depan. Pemberdayaan dapat dilakukan melalui pendekatan yang tepat umtuk menghindari munculnya penolakan dari masyarakat itu sendiri. Ada lima pendekatan yang terbukti dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masarakat pesisir yaitu pengembangan alternatif mata pencaharian masyarakat, pembukaan akses permodalan, kemudahan akses teknologi perluasan pasar dan yang terakhir pengembangan usaha bersama seperti koperasi. Pemberdayaan masyarakat pesisir diharapkan dapat mendorong terpenuhinya kebutuhan baik individu, kelompok dan masyarakat luas sehingga mereka dapat membuat pilihan dan membentuk lingkungan mereka untuk memenuhi keinginan mereka, termasuk akses untuk bekerja, kegiatan sosial dan sumber daya lain. Minimnya pengaruh masyarakat pesisir antara lain karena keterbatasan mereka dalam mengelola pengetahuan, teknologi, modal, dan kelembagaan usaha.


Keywords


Pemberdayaan; masyarakat pesisir; industrialisasi pertanian

Full Text:

PDF

References


Fatmasari, D. (2016). Analisis Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat Pesisir Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Hasanah, U. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Pengembangan Klaster Ikan di Dessa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.

Ikhsani, F.W. (2011). Optimasi Pengelolaan dan Pengembangan Budidaya Ikan Kerapu Macan Pada Kelompok Sea Farming Di Pulau Panggang Kabupaten Administratif Kepulauan. Bogor.

Indarti, I, Wardana., & Dwiyadi, S. (2013). Metode Pemberdayaan Masyarakat Pesisir melalui penguatan kelembagaan di wilayah pesisir kota semarang. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(1), 75-88.

Kristiyanti, M. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai Melalui Pendekatan Iczm (Integrated Coastal Zone Management). Prosiding Seminar Nasional tahun 2016. Hal 752-760.

Lilian, H. (2015). Pemberdayaan Ekonomi Nelayan Pengolah Ikan Asap Di Desa Hative Kecil, Kota Ambon. Maluku : Jurnal Matematika, Saint, dan Teknologi, Volume 16, Nomor 1, Maret 2015, 26-34.

Mardikanto, T. & Soebianto, P. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung. Alfabeta.

Pattiasina, J. R. (2010). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Nelayan, Tesis Sekolah Pasca Sarjana IPB, Bogor.

Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Nomor Per. 07/Men/2008, tentang Bantuan Sosial Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pembudidaya Ikan.

Qodriyatun, S.N. (2013). Peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir di Kota Batam melalui pemberdayaan masyarakat. Aspirasi: 4(2).

Satria, A. (2015). Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir. Jakarta : Pustaka Obor Indonesia.

Selatan, S., Manoppo, V.E.N., & Darwisito, S. (2018). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Soma Pajeko Di Kecamatan Salibabu Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. J. Sosek KP: 13(1).

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Bandung. Aditama.

Syamratun, N. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Nelayan Perbatasan Di Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Pontianak : Jurnal Pemikiran Islam dan Ilmu Sosial, 13(1).

Wrihatnolo, R. & Nugroho, R.D. (2007). Manajemen Pemberdayaan : Sebuah Pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : Elex Media Komputindo




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jkpt.v1i0.12053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

  Creative Commons License

Jurnal Kelautan dan Perikanan Terapan (JKPT) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN Online: 2654-9581

POLITEKNIK AHLI USAHA PERIKANAN
BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

View My Stats

 

Index by



Location: https://goo.gl/maps/sjorau9p8zWbrQtJ6