HIDRODINAMIKA JARING KEJER PADA KONDISI ARUS DAN DAYA APUNG YANG BERBEDA Dl FLUME TANK
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menentukan hidrodinamika jaring kejer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kecepatan arus 15, 20, 25, dan 30 cm/detik, jaring kejer dengan mesh size 3,5 inci secara berturut-turut mengalami drag force 7,78, 13,51, 20,78, dan 29,72 gf. Jaring kejer dengan mesh size 4,0 inci mengalami drag force 6,66, 11,55, 17,76, dan 25,41 gf. Tinggi jaring kejer dengan mesh size 3,5 inci ketika dipasang pada flume tank dengan kecepatan arus yang sama sedikit lebih pendek dibanding jaring kejer dengan mesh size 4,0 inci. Tinggi jaring kejer dengan mesh size 3,5 dan 4,0 inci yang menggunakan pelampung kontrol ketika dipasang pada kecepatan arus 15 em/ detik secara berturut-turut 47,2 dan 48, 5 em. Penambahan daya apung menjadi 1,5 kali dari daya apung pelampung kontrol, merubah ketinggian jaring kejer dengan mesh size 3,5 dan 4,0 inei menjadi 56,4 dan 60,8 em.
The objective of this experiment was to determine hydrodynamic of jaring kejer (bottom gil/net). Result of this ex periment indicates that at current speed of 15, 20, 25, and 30 cmls, jaring kejer of 3. 5 inch mesh size encountered drag force of 7. 78, 13.51, 20.78, and 29.72 gf, respectively Whilstjaring kejer of 4.0 inch mesh size encountered drag force of 6.66, 11. 55, 17. 76, and 25.41 gf, respectively Net height of jaring kejer of 3. 5 inch mesh size was slightly lower than jaring kejer of 4.0 inch mesh size during encounter of similar current speed. Net height of jaring kejer using control buoyancy for 3.5 and 4.0 inch mesh sizes during encountered current speed of 15 cmls were 47.2 and 48.5 em. Increasing of buoyancy to 1.5 times of control buoyancy might increases net height of jaring kejer using 3.5 and 4.0 inch mesh sizes to 56.4 and 60.8 em, respectively.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.15578/jppi.15.3.2009.249-255
Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.