KARAKTERISTIK DAN VARIABILITAS PARAMETER-PARAMETER OSEANOGRAFI LAUT JAWA HUBUNGANNYA DENGAN DISTRIBUSI HASIL TANGKAPAN IKAN

Jonson Lumban Gaol, Bambang Sadhotomo

Abstract


Penelitian kondisi oseanografi Laut Jawa telah dilakukan sejak 90 tahun yang lewat, sehingga data yang tersedia sudah cukup banyak. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kembali data suhu dan salinitas yang diperoleh dari basis data world ocean data-2001 serta data deret waktu suhu permukaan laut dan konsentrasi klorofil-a hasil deteksi satelit dari basis data NASA. Analisis deret waktu dilakukan untuk melihat pengaruh musim dan iklim global terhadap lingkungan perairan dan sumber daya ikan di Laut Jawa. Hasil analisis menunjukkan bahwa variasi parameter-parameter oseanografi Laut Jawa dipengaruhi oleh angin muson dan iklim global ENSO dan variasi ini mempengaruhi distribusi ikan.

 

This study based on remote sensing and in situ data, aimed to synthesize the effect of seasonal and interannual changes on the environment of Java Sea and its relationship with distribution of fish. Data of sea surface temperature, salinity, and chlorophyll-a data generated from Word Ocean Data- 2001 and NASA were used in the analysis. Time series analysis shows that variation of oceanographic parameters in Java Sea are affected by monsoon and ENSO and these variations affected on distribution of fish.


Keywords


suhu; salinitas; klorofil-a; Laut Jawa; muson; ENSO

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jppi.13.3.2007.201-211


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
p-ISSN 0853-5884
e-ISSN 2502-6542

Find in a library with WorldCatCrossref logoSHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj