KUALITAS AIR, PROOUKTIVITAS PRIMER, DAN POTENST PRODUKST IKAN WADUK DARfuIA UNTUK MENDUKUNG KEHIDUPAN DAN PERTUMBUHAN UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii) YANG DI lNTRODUKSTKAN

Didik Wahju Hendro Tjahyo, Endi Setiadi Kartamihardja, Sri Endah Purnamaningtyas

Abstract


Udang galah (Macrobrachium rosernbergii) hidup di dasar perairan sedangkan kondisi kualitas air di dasar perairan waduk pada umumnya rendah sehingga kualitas air akan berpengaruh terhadap kehidupan dan pertumbuhan udang tersebut. Selain itu, ketersediaan makanan dan potensi sumber daya ikan di perairan tersebut akan menentukan keberhasilan penebaran udang galah di Waduk Darma. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan kondisi kualrtas air dan potensr sumber daya ikan di Waduk Darma untuk mendukung kehidupan dan pertumbuhan udang galah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei dan pengambilan contoh secara strata. Potensi produksi ikan dihitung dari produktivltas primer dan kandungan khlorofifa, sedangkan potensi produksi udang galah dihitung berdasarkan pada kelimpahan biomassa makofita sebagai makanan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perairan Waduk Oarma, baik secara fisik, kimia, dan biologi, mendukung kehidupan dan pertumbuhan udang galah Total potensi produksi ikan dan udang berkisar antara 1 13,47 sampai dengan 306,57 ton per tahun dan minimal mampu mendukung biomassa udang 8,67 ton per tahun atau 723 kg per bulan.


Keywords


Kualitas air; produktivitas primer; potensi produksi ikan; udang galah; Macrobrachium rosenbergr; Wadul Darma

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jppi.12.1.2006.1-12


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
p-ISSN 0853-5884
e-ISSN 2502-6542

Find in a library with WorldCatCrossref logoSHERPA/RoMEO Logogoogle scholardoaj