Status Dan Tingkat Pemanfaatan Ikan Kakap (Lutjanus Sp) Di Perairan Manggarai Barat - NTT

Edizul Adiwijaya Sadir, Ganang Dwi Prasetyo, Grandhi Kaenato Da Gomez, Agustinus Apriyadi Hanggum Ratung, Made Ariana, Fajar Hermawan

Abstract


Penentuan komoditas ikan unggulan disuatu daerah merupakan langkah awal menuju pembangunan dan pengelolaan perikanan tangkap yang berpijak pada konsep efisiensi untuk meraih keunggulan komparatif dan kompetitif dalam menghadapi globalisasi perdagangan baik ditinjau dari sisi penawaran maupun permintaan, serta keunggulan daya saing tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komoditi perikanan kakap yang potensial dan menghitung potensi serta tingkat pemanfaatanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dan observasi lapangan. Pengumpulan data dilakukan dua tahap yaitu pengumpulan data primer di lapangan dengan pengamatan langsung dan data sekunder menggunakan kuesioner. Sumber data diperoleh berdasarkan informasi dari responden melalui wawancara dengan daftar pertanyaan atau kuesioner. Analisi data yang digunakan adalah menghitung produktifitas penangkapan dengan CPUE, menghitung Fishing Power Index (FPI) dan analisis potensi lestarai dan tingkat pemanfaatan (MSY dan F-optimaum). Hasil penelitian menunjukan besarnya potensi lestari (MSY) ikan kakap (Lutjanus sp) di perairan Manggarai Barat adalah sebesar 906 ton/tahun dengan upaya optimum (F-Optimum) adalah 1.664 unit/tahun, jumlah tangkapan yang di ijinkan (JTB) adalah sebesar 80% dari MSY yaitu 725 ton/tahun dan tingkat pemanfaatan mencapai 100% (over exploited). Tingkat pemanfaatan potensi ikan kakap (Lutjanus sp) di Manggarai barat sejak tahun 2018 sampai 2019 telah melebihi JTB dari ikan kakap tersebut sehingga perlu adanya pembatasan jumlah upaya pemanfaatan agar dapat menjaga kelestarian ikan kakap (Lutjanus sp) di Perairan Manggarai Barat.

Keywords


CPUE, Alat Penangkapan Ikan, Kakap

Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Manggarai Barat. 2018. Manggarai Barat dalam Angka 2018. Labuan Bajo: Jurnal BPS manggarai Barat. Hlm 395.

[WWF-Indonesia] Word Wide Fund for Natur Indonesia. 2016. Laporan Penilaian Performa Pengelolaan Perikanan Tangkap dengan Indikator EAFM Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo: Hlm 48.

Achmad Fauzie. 2004. Model Bioekonomi Hasil Tangkapan Ikan Kakap di Laut Jawa Dengan Pendekatan Hasil Tangkapan Purse Seine di PPN Pekalongan. [Skripsi]. 103 halaman. Bogor: Institut Pertanian Bogor. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Ali Supardan. 2006. Maximum Sustainable Yield (MSY)Dan Aplikasinya Pada Kebijakan Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Di Teluk Lasongko Kabupaten Buton. [Disertasi] 344 halaman. Institut Pertanian Bogor (IPB): Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Desta F.S. 2015. Stok Sumberdaya Ikan Kakap (Decapterus ruselli) di Perairan Selat Sunda. [Skripsi]. 51 Halaman. Bogor: Institut Pertanian Bogor. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan.

Didik Santoso. 2016. Potensi Lestari dan Status Pemanfaatan Ikan Kakap Merah dan Ikan Kerapu Di Selat Alas Propinsi Nusa Tenggara Barat. [Jurnal] Jurnal Biologi Tropis, Januari 2016: Volume 16 (1):15-24.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Manggarai Barat 2019. Data Produksi Perikanan Tangkap Manggarai Barat. [Laporan] 50 Halaman: Labuan Bajo

Finriyani Arifin. 2008. Optimasi Perikanan Kakap di Kabupaten Selayar Propinsi Sulawesi Selatan. [Tesis] 114 Halaman. Bogor: Institut Pertanian Bogor. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perkanan.

Janer Sangadji. 2015. Analisis Depresiasi dan Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Ikan Kakap di Perairan Kota Ambon. [Tesis]. 197 Halaman. Bogor: Institut Pertanian Bogor.Program Studi Ekonomi Sumberdaya Lingkungan.

Listya Citraningtyas. 2010. Peranan Subsektor Perikanan Tangkap dalam Pembangunan Kabupaten Lamongan serta Komoditas Hasil Tangkapan Unggulan. [Skripsi] 129 halaman. Bogor: Institut Pertanian Bogor. Program studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Maman Hermawan. 2006. Keberkanjutan Perikanan Tangkap Skala Kecil (Kasus Perikanan Pantai di Serang dan Tegal). [Disertasi]. 389 Halaman: Institut Pertanian Bogor (IPB). Departemem Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Mujais B. Sangadji. 2016. Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Ikan Kakap (Decapterus sp) di Perairan Pulau Ternate. [Jurnal] 10 Halaman. Agrikan UMMU Ternate. Fakultas Pertanian UMMU Ternate.

Ratu A.A.R. Kusumowati. 2016. Dinamika Populasi dan Potensi Ikan Tembang (Sardinella fimbriata cuvier, 1847) di Perairan Selat Sunda. [Skripsi]. 49 Halaman: Institut Pertanian Bogor (IPB). Departemen Manajemen Sumberdaya Perikanan.

Siska Agustina. 2018. Parameter Populasi Kerapu Sunu (plectropomus sp.) Dan Opsi Pengelolaannya di Perairan Karimunjawa. [Jurnal] Marine Fisheries Vol 9 No 2 2018 Halaman 119-131.

Sutisna D. H. 2007. Model Pengembangan Perikanan Tangkap di Pantai Selatan Provinsi Jawa Barat. [Disertasi]. 180 Hlm. Bogor: Institut Pertanian Bogor (IPB). Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Yesi Dewita Sari. 2008. Maximum Economic Yield Sumberdaya Perikanan Kerapu Di Perairan Kepulauan Seribu DKI Jakarta. [Jurnal] J. Bijak dan Riset KP Vol 3, No 1, 2008. Halaman 69-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jmtr.v2i2.13674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang

Jl. Kampung Baru, Pelabuhan Ferry Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, 85351

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats