FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MARGIN PEMASARAN KEPITING SEGAR

Abd. Rahim, Diah Retno Dwi Hastuti, Nasrun Rusli

Abstract


Adanya rantai pemasaran yang panjang menyebabkan margin pemasaran kepiting segar menjadi besar sehingga pemasaran tidak efisien atau pasar yang bersaing tidak sempurna. Penelitian yang dilakukan di wilayah pesisir pantai Barat Kabupaten Maros bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi margin pemasaran kepiting segar. Penelitian ini bersumber dari data primer dengan menggunakan data berdasarkan dimensi waktu, yaitu cross-section tahun 2015 dengan responden sebanyak 51 nelayan kepiting segar (rajungan dan bakau) di Kabupaten Maros yang pilih dilakukan secara Sensus, sedangkan perantara enam (pedagang, pengumpul, dan pengecer) dengan snowball sampling. Metode analisis yang digunakan estimasi dummy variable dengan persamaan regresi non-linear. Hasil penelitian menemukan bahwa distribusi saluran pemasaran kepiting segar di Kabupaten Maros terdiri atas tiga saluran pemasaran dengan dua lembaga pemasaran, yaitu pengumpul dan pengecer sehingga pemasarannya tidak efisien. Selanjutnya margin pemasaran kepiting segar dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh saluran pemasaran-I dan jenis kepiting rajungan, sedangkan volume pemasaran dan saluran pemasaran-II tidak berpengaruh signifikan.

Keywords


margin pemasaran dan kepiting segar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats