RANCANGAN ALUR EDUKASI PADA EKOWISATA SELAM HIU SEBAGAI ALTERNATIF PENGURANGAN AKTIVITAS PENYIRIPAN HIU

Mochammad Agung Seno Pambudi, Rendra Pranata, Baihaqi Wisnumurti Wiharno

Abstract


Penyiripan hiumerupakan aktivitas pemotongan sirip ikan hiu yang digunakan sebagai bahan obatobatan dan bahan makanan yang disinyalir dapat berkhasiat menambah vitalitas tubuh.Meskipun begitu, khasiatnya masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah.Kegiatan penyiripan hiu merebak di berbagai penjuru Indonesia.Hal ini disebabkan permintaan sirip ikan hiu yang terus meningkat. Di lain sisi kegiatan ini berdampak besar bagi kestabilan ekosistem laut. Dengan adanya aktivitas penyiripan hiupopulasi hiu yang merupakan predator tingkat tinggi dilautan menurun.Menurunnya populasi hiu menyebabkan overpopulasi mangsa hiu sehingga ekosistem laut tidak lagi stabil.Tujuan ditulisnya makalah ini adalah untuk memberikan solusi dari dampak buruk yang ditimbulkan oleh aktivitas penyiripan hiu. Metode yang digunakan berupa edukasi para turis. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengurangi aktivitas penyiripan hiu adalah menurukan konsumsi produk sirip ikan hiu melalui penyuluhan melalui ekowisata selam hiu. Turis sebagai salah satu calon konsumen produk sirip ikan hiuakan di edukasi terkait ikan hiu, peranannya di ekosistem laut, dampak buruk penyiripan hiu bagi ekosistem laut, fakta mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada sirip hiu serta pengaruh di sektor ekonomi perikanan. Dengan adanya penyuluhan terkait hiu dan penyiripan hiu yang dikemas dalam ekowisata selam hiu, turis dapat dengan mudah memahami bahaya penyiripan hiubagi ekosistem di laut serta timbul rasa ingin melindungi baik ikan hiu maupun ekosistem laut secara keseluruhan.Dengan teredukasinya turis, diharapkan konsumsi sirip ikan hiu berkurang dan berdampak negatif kepada aktivitas penyiripan hiu.

Keywords


Ekosistem; Ekowisata; Hiu; Selam hiu; Penyiripan hiu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats