STRATEGI PEMASARAN MODERN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DI POKLAHSAR GURIH DD KECAMATAN KOBA KABUPATEN BANGKA TENGAH

Mexcen Mahendra, Tatty Yuniarti, Ganjar Wiryati, Syarif Syamsudin, Aghitia Maulani, Jumroh Jumroh

Abstract


Secara umum, kondisi Kelompok Pengolah dan Pemasar di Indonesia (Poklahsar) masih ditemui banyak kendala. Salah satu kendala utama yang sering ditemui adalah pemasaran. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian serius dari pemangku kepentingan karena perkembangan usaha sangat ditentukan oleh keberhasilan pemasaran. Poklahsar Gurih DD berlokasi di Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah mengolah produk olahan getas. Getas merupakan makanan ringan khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan baku ikan, menyerupai kerupuk dan biasanya disantap sebagai camilan atau teman makan nasi. Para pengolah getas yang tergabung dalam Poklahsar memiliki masalah yaitu pemasaran produk getas masih terbatas ke pemasaran lokal karena belum menggunakan pemasaran online. Hal ini berkaitan dengan kondisi persaingan antar pelaku usaha yang semakin sengit dan kelangsungan hidup usaha ditentukan oleh kemampuan pelaku usaha dalam meraih pangsa pasar. Tujuan penelitian yaitu menerapkan strategi pemasaran berbasis online kepada para pengolah getas. Penelitian dilaksanakan pada 07 Maret – 09 Juni 2022. Materi kegiatan meliputi demonstrasi cara penerapan strategi pemasaran modern. Metode kegiatan yaitu sosialisasi, ceramah, dan demonstrasi. Respon kegiatan yang diamati yaitu perubahan pengetahuan, sikap, dan adopsi inovasi yang terjadi pada sasaran dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang diperoleh adalah deskriptif berupa penjelasan mengenai aspek teknis (alur produksi), penyuluhan (evaluasi pre- dan post-test) dan analisis usaha (perbedaan pendapatan dan keuntungan) sasaran. Pengamatan terhadap adopsi inovasi sasaran penyuluhan dilakukan selama sembilan minggu, mulai dari minggu ke-3 sampai minggu ke-11 dan mulai diterapkan pada minggu ke-11 dan 13. Hasil dari pelaksanaan kegiatan adalah demonstrasi cara pemasaran modern yang dilakukan kepada Poklahsar Gurih DD menggunakan media tayang dan media cetak, yang akhirnya juga diterapkan oleh sasaran pada minggu ke-11 dan 13.


Keywords


getas; pemasaran modern; poklahsar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.11954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL