Pengaruh Penggunaan Pakan Mandiri Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila di Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat

Suryana Suryana, Aan Hermawan, Lilis Supenti

Abstract


Kecamatan Tenjolaya merupakan kecamatan yang memiliki luas wilayah 22,94 Km2, dengan pemanfaatan lahan budidaya perikanan mencapai 8,44 Km2. Persentase pemanfaatan lahan budidaya terdiri dari 57% ikan konsumsi dan 43% ikan hias, memiliki potensi yang sangat besar dalam budidaya ikan. Permasalahan yang dihadapi pembudidaya ikan di Kecamatan Tenjolaya yaitu semakin mahalnya harga pakan, sehingga pelaku utama mulai menekan penggunaan pakan yang mengakibatkan lambatnya pertumbuhan ikan. Sedangkan pada faktanya dilapangan, penggunaan pakan pada proses budidaya cukup tinggi yaitu berkisar 70-80% dari biaya produksi secara keseluruhan (DJPB, 2016). Proses penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan terhadap pakan alternatif seperti pakan mandiri. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 perlakuan yang berbeda. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu pakan mandiri dengan memanfaatkan bahan baku lokal mampu memperoleh hasil budidaya sebesar 48,7 kg dan pakan komersil sebesar 49,9 kg, dengan selisih sebesar 1,2 kg. Keuntungan yang diperoleh dari hasil budidaya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan usaha budidaya dengan menggunakan pakan komersil, yaitu sebesar 25% atau Rp. 189.695,00; dari total keuntungan usaha.

Keywords


Bahan Baku Lokal; Inovasi Pakan Mandiri; Kandungan Protein.

Full Text:

PDF

References


Alfian, R. A., Arini, E., Elfitasari, T. 2013. 2013. Pengaruh Kepadatan yang Berbeda Terhadap Kelulushidupan dan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Pada Sistem Reserkulasi dengan Filter bioball. Journal of Aquaculture Management.

Arifin, M. Y. 2016. Pertumbuhan dan Survival Rate Ikan Nila (Oreochromis sp) Strain Merah dan Strain Hitam yang di Pelihara Pada Media Bersalinitas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi : Jambi.

Direktora Jenderal Perikanan Budidaya. 2016. KKP Fokus Kurangi Biaya Pakan Ikan Melalui Gerakan Pakan Ikan Mandiri. Djpb.kkp.Go.id. Diakses pada 23 Mei 2023.

Fatkhummubin, S., Jumadi, R., Lutfiyah, S. 2019. Uji Pengaruh Tepung azolla (Anabaena azollae) dengan Takaran yang Berbeda Pada Pakan Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan hidup Ikan Nila Srikandi (Oreochromis nilaticus). Jurnal Perikanan Pantura.

Hidayat, A. 2018. Potensi Pembesaran Ikan Nila Merah (Oreochomis sp) Kolam Air Deras di Daerah Irigasi Banjaran Purwokerto Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perikanan.

Ihsanudin, I., Rejeki, S., dan Yuniarti, T. 2014. Pengaruh Pemberian Rekombinan Hormon Pertumbuhan (rGH) Melalui Metode Oral dengan Interval Waktu Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila Larasati (Oreochromis Niloticus). Jurnal of Aquaculture Management and Technology.

Marie, R., Syukron, M. A., Rahardjo, S. S. P. 2017. Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Pemberian Pakan Limbah Roti. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

Mudjiman, A. 2009. Makanan Ikan Edisi Revisi. Penebar Swadaya : Jakarta.

Mohamat Rozi. 2019. Pakan Ikan Mandiri Solusi Menghemat Biaya Produksi Budidaya Ikan Air Tawar. Bangka.Tribunnews. com. Diakses pada 23 Mei 2023.

Pratama, M. A., Subandiyono., Pinandoyo. 2015. Pengaruh Berbagai Rasio E/P Pakan Brkadar Protein 30% Terhadap Efisiensi Pemanfaatan Pakan dan Pertumbuhan Ikan Mas (Cyprinus carpio). Journal of Aquaculture Management and Tecnology.

Pratama, M. A., Arthana, I. W., Kartika G. R. A. 2021. Fluktasi Kualitas Air Budidaya Ikan Nila (Orechromis niloticus) dengan Beberapa Variasi Sistem Resirkulasi. Current trends in Aquatic Science.

Saputra, F., Akbar, J. 2013. Pengaruh Perbedaan Tingkat Protein dan Rasio Protein Pakan Terhadap Pertumbuhan Ikan Sepat (Trichogaster pectoralis).Fish Scientiae.

Standar Nasional Indonesia (SNI) 01-7242-2006 Tentang Produksi Pakan Mandiri.

Sunarto., Sabariah. 2009. Pemberian Pakan Buatan Dengan Dosis Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Konsumsi Pakan Benih Ikan Semah (Tor douronensi) Dalam Upaya Domistikasi. Jurnal Aquakultur Indonesia.

Syafira, S. D. I., Pratiwi, I. E., Saida., Hafriliza, A. 2020. Pola pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromic niloticus) Hasil Budidaya Masyarakat di Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa. Jurnal Jeumpa.

Taswin. 2018. Panen dan Pasca Panen Pada Kolam Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di UPTD Balai Pembenihan dan Pengembangan Ikan Air Tawar Ompo Kabupaten Soppeng. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep : Pangkep.

Normansyah, D., Rochaeni, S., Humaerah, A. D. 2014. Analisis Usaha Tani Sayuran di Kelompok Tani Jaya Desa Ciaruten Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Jurnal Agribisnis.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.13943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL