Rendemen dan Produktivitas Tenaga Kerja pada Proses Pengolahan Fillet Kakap Merah Beku (Lutjanus spp) pada Unit Pengolahan Ikan di Pasuruan - Jawa Timur

Wa Ode Vebrianti, Aef Permadi, Rufnia Ayu Afifah

Abstract


Fillet ikan kakap merah beku (Lutjanus spp) merupakan salah satu produk olahan perikanan yang menjadi komoditas ekspor Indonesia. Produktivitas dan rendemen yang rendah akan berdampak pada target perusahaan dan jumlah produk yang di ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil rendemen dan produktivitas pada proses pengolahan fillet ikan kakap merah (Lutjanus spp) pada tahap pemfilletan dan perapihan serta memberikan solusi untuk meningkatkan produktivitas dan rendemen yang berdampak pada keuntungan perusahaan pengolahan fillet kakap merah. Metode kerja dilakukan dengan mengikuti langsung tahapan pengolahan mulai dari penerimaan kakap merah beku masuk sampai distribusi produk fillet kakap merah beku masuk sampai distribusi produk fillet kakap merah beku. Metode kerja dilakukan dengan mengikuti langsung tahapan pengolahan mulai dari penerimaan kakap merah beku masuk sampai distribusi produk fillet kakap merah beku. Pengamatan rendemen dan produktivitas dilakukan pada tahap pemfilletan dan perapihan ikan kakap merah. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengamatan dan perhitungan ini menunjukkan bahwa rendemen dan produktivitas yang ada telah memenuhi standar perusahaan. Rendemen yang dihasilkan mulai dari bahan baku hingga menjadi produk fillet kakap merah yaitu rata-rata 48,63% pada tahap pemfilletan dan 43,73% tahap perapihan. Produktivitas karyawan pada tahap pemfilletan rata-rata 36,35 kg/jam dan perapihan 104,69 kg/jam/orang.

Keywords


fillet kakap beku; produktivitas; rendemen

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., Akbar, M., & Ula, R. (2006). Rendemen Dan Ph Gelatin Kulit Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Yang Direndam Pada Berbagai Kosentrasi Hcl Rendement And Ph Of Gelatin In The Skin Of Tilapia (Oreochromis Niloticus) Immersed Into Various Hcl Consentration. 3(1), 22–27.

Arlistiani, L., & Putri, D. (2023). " Proses Pembekuan Ikan Patin Siam ( Pangasius hypophthalmus ) Fillet di PT Dimas Reiza Perwira , Surabaya , Jawa Timur ". January 2022.

Dafiq, A. H., Anna, Z., Rizal, A., & Suryana, A. A. H. (2019). Analisis Bioekonomi Sumber Daya Ikan Kakap Merah ( Lutjanus Malabaricus ) Di Perairan Kabupaten Indramayu Jawa Barat Afrah Haniyah Dafiq ,

Zuzy Anna , Achmad Rizal , dan Asep Agus Handaka Suryana Universitas Padjadjaran Afrah Haniyah Dafiq : Analisis Bioe. Perikanan Dan Kelautan, X(1).

Finarti, F., Syahril, M., Renol, R., Salanggon, A. M., Wahyudi, D., Akbar, M., Adel, Y. S., Hermawan, R., & Aristawati, A. T. (2020). Pemantauan Ikan Endemik Banggai Cardinalfish (Bcf) Pasca Tsunami Di Teluk Palu. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 54–60. https://doi.org/10.32529/tano.v3i2.736

Handoko, Y. P., & Thabrani, M. P. (2023). The Processing Characteristics of Canned Lemuru Fish (Sardinella lemuru) using Tomato Sauce Media. Pelagicus, 3(2), 87–92.

Hendiari, I. G. A. D., Sartimbul, A., Arthana, I. W., & Kartika, G. R. A. (2020). Keragaman genetik ikan lemuru (Sardinella lemuru) di wilayah perairan Indonesia. Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal, 7(1), 28. https://doi.org/10.29103/aa.v7i1.2405

Hidayah, Lisa, Solihin, I., Sri Wiyono, E., & Riyanto, M. (2022). Estimasi Ketersediaan Ikan dan Kebutuhan Bahan Baku Industri Pengolahan Ikan Di PPN Brondong Lamongan. Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 13(1), 91–99. https://doi.org/10.29244/jmf.v13i1.40569

Hidayah, N., Ma’roef, A. F., & Sipahutar, Y. H. (2021). Penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) dan Sanitation Operating Prosedure (SSOP) pada Proses Pengalengan Ikan Lemuru (Sardenella Longiceps) dengan Media Saos Tomat. Prosiding Simposium Nasional VIII Kelautan Dan Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan, Universitas Hasanuddin, Makassar, 5 Juni 2021, 143–154.

Nurjanah, N., -, T. I. B., & Nurhayati, T. (2021). Ekstraksi Kolagen Kulit Ikan Tuna Sirip

Kuning (Thunnus albacares) menggunakan Enzim Pepsin dan Papain. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 24(2), 174–187. https://doi.org/10.17844/jphpi.v24i2.35410

Putri, D., Wibowo, Y. M. ., & Santoso, E. . (2020). Sifat Fisikokimia dan Profil Asam Lemak Minyak Ikan dari Kepala Kakap Merah ( Lutjanus malabaricus ). AgriTECH, 40(1), 31–38.

Siregar, J. (2023). Characteristics Of Quality , Rendement , And Productivity In Processing Skipjack Tuna ( Thunnus Albacares ) Frozen Cooking. 35–47.

Syarif. (n.d.). Perhitungan produktivitas, Pengawasan Pangan Jilid, Produk Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, SMK.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.13973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL