Penerapan SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure) pada Proses Pengolahan Otak-Otak Ikan Kurisi (Nemipterus nematophorus) di UMKM Monika Rasa Kabupaten Tegal - Jawa Tengah

Tasha Putri Berlian, Nasya Nurmalia Nadhifah, Ratna Rizqi Zakiyah, Aef Permadi

Abstract


SSOP (Sanitasitasi Standard Operating Procedure) merupakan langkah penting yang memegang peran dalam menjaga kualitas suatu produk makanan serta memenuhi jaminan keamanan pangan sesuai standar. Terdapat 8 kunci SSOP yang harus dipenuhi oleh suatu badan usaha makanan untuk menghasilkan kualitas dan mutu produk yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SSOP pada produksi otak-otak ikan kurisi di UMKM Monika Rasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan partisipasi aktif. Aspek sanitasi dan hygiene yang diamati antara lain sanitasi dan hygiene terhadap air dan es, peralatan dan pakaian kerja, pencegahan kontaminasi silang, toilet dan cuci tangan, bahan kimia, pelabelan dan penyimpanan, kesehatan karyawan, dan pengendalian pest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan 8 aspek kunci SSOP di UMKM Monika Rasa belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Aspek yang telah memenuhi kunci SSOP adalah keamanan air, kondisi dan kebersihan permukaan yang berkontak dengan bahan pangan, proteksi atau perlindungan dari bahan kimia, pelabelan dan penyimpanan, fasilitas pencuci tangan dan toilet, kesehatan karyawan serta pengendalian hama. Sementara aspek yang belum diterapkan dengan baik adalah pencegahan kontaminasi silang.


Keywords


hygiene; otak-otak ikan; sanitasi

Full Text:

PDF

References


Alhaji, N. B., & Baiwa, M. (2015). Factors affecting workers ’ delivery of good hygienic and sanitary operations in slaughterhouses in north-central Nigeria. 13(1), 29–37.

Amin, M. Z., Nugroho, L. P. E., & Nurjanah. (2018). Kajian Implementasi Gmp Dan Ssop Pengolahan Ikan Teri Nasi Setengah Kering Di Kabupaten Tuban. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 21(3), 406–413.

Anggraeni, D., Nurjanah, N., Asmara, D. A., & Hidayat, T. (2019). Feasibility Study of The Small and Medium-Sized Enterprises Fisheries Processing Unit and Their Mackerel Tuna Pindang Product in Banyuwangi. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 22(1), 14. https://doi.org/10.17844/jphpi.v22i1.25870

Domili, R. S. (2017). Sanitasi Dan Hygiene Pada Proses Pembuatan Rambak Ikan Buntal Pisang (Tetraodon lunaris) Di Ukm Jaya Utama Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Aquabis, 7(2), 1–5.

Hasibuan, S., Mumpuni, F. S., & Thaheer, H. (2014). Rancangan Implementasi Sistem Manajemen Keamanan Pangan Pada UKM Pengolahan Ikan Rakyat di Sukabumi. Seminar Nasional IDEC, 83–89.

Karepesina, M., Istiana, Y., Triyastuti, M. S., & Purba, D. (2022). Penerapan SSOP (Sanitation Standard Operating Procedures) Pada Proses Pembekuan Gurita (Octopus cyaneus) Ball di PT. XYZ. Jurnal Bluefin Fisheries, 4(2), 89–101.

Nico, Mohamad., Putut Har Riyadi, I. W. (2015). Pengaruh Penambahan Karagenan terhadap Kualitas Sosis Ikan Kurisi (Nemipterus sp.) dan Sosis Ikan Nila (Oreochromis sp.). Jurnal Pengolahan Dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 4(2012), 7–14.

Rusdin, I., Sulistiawati, S., & Kusumaningrum, I. (2023). Penerapan SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure) pada pembuatan Stik Jaleee di UMKM Kube Amanah Samarinda Implementation of Standard Sanitation Operating Procedure in the process Stik Jaleee making in UMKM Kube Amanah Samarinda. Journal of Agritechnology and Food Processing, 3(1).

Scriptura, G. Z., & Masithah, E. D. (2021). The Freezing Process of Red Snapper (Lutjanus malabaricus) with the Air Blast Freezing (ABF) Method at PT. Inti Luhur Fuja Abadi, Pasuruan, East Java. Journal of Marine and Coastal Science, 10(3), 138.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.13975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL