Penanganan Ikan Tuna (Thunnus sp.) Pada Kapal Hand Line yang Didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap

Bayu Taufiq Ramdani, Hery Choerudin, Rahmat Muallim, Herry Boesono, Kukuh Eko Prihantoko, Retno Muninggar, Mohammad Sayuti, Heny Budi Purnamasari, Eli Nurlaela

Abstract


Pelabuhan Perikanan Samudera merupakan satu-satunya pelabuhan perikanan samudera yang berada di pantai selatan jawa serta berhadapan langsung dengan samudera Indonesia (WPP 573) yang dikenal memiliki potensi sumber daya ikan yang cukup melimpah. Hand Line (Pancing ulur) merupakan alat tangkap sederhana dengan konstruksi ukuran dan bentuk mata pancing serta berbagai jenis umpan buatan sebagai faktor utama keberhasilan pengoperasian alat tangkap. Penanganan Ikan di atas  kapal sangat menentukan kualitas ikan yang akan  didaratkan dan dijual di pasaran. Jika tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan fisik pada ikan dan akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan dan tidak dapat dipasarkan dengan harga yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan ikan tuna pada alat penangkapan ikan hand line yang dioperasikan di WPP dan didaratkan di PPS Cilacap. Metode analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Prosedur penanganan ikan tuna (Thunnus sp.) diatas kapal dimulai dengan penarikan dan penaikan ikan ke atas kapal. Kemudian dilanjutkan dengan mematikan ikan tuna. Tahapan selanjutnya yaitu pembuangan isi perut dan insang pada ikan supaya mengurangi pertumbuhannya bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya proses pembusukan. Setelah ikan sudah melewati proses pembuangan isi perut dan bagian insang, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pembersihan pada tubuh ikan menggunakan air laut, guna membersihkan darah dan kotoran yang menempel agar bisa langsung di simpan ke dalam palka. Tahapan selanjutnya yaitu penyimpanan. Penyimpanan ikan di lakukan setelah pembersihan ikan, tahap selanjutnya yaitu dengan memasukan ikan ke dalam Cold Storage, lalu disusun di lantai Cold Storage agar tidak memakan ruang.


Keywords


Hand Line; PPS Cilacap; Tuna; WPP 573

Full Text:

PDF

References


Anggraini, I. K., Mutamimah, D., & Sulthoniyah, S. T. M. (2021). Penanganan Pasca Panen Di Unit Pelayanan Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai Muncar. Jurnal Ilmu Perikanan Dan Kelautan, 3(1), 8–14.

Apriliani, I. M., Khan, A. M., Rizal, A., & Dewanti, L. P. (2021). Perbedaan General Arrangement Dan Rasio Dimensi Utama Kapal Hibah Yang Berbasis Di Kabupaten Pangandaran Dan Sukabumi. Jurnal Riset Kapal Perikanan, 11(1), 59–66. https://doi.org/10.29244/jrisetkapal.1.1.59-66

Choerudin, H., Muallim, R., Sadri, Nurlaela, E., Sudrajat, D., & Hutajulu, J. (2022). Analisis Usaha Pukat Cincin (Purse Seine) Pada KM. Doa Restu-01 Di Perairan Gorontalo Utara, Gorontalo.

Fajar, H., El Yamin, S., & Siregar, M. (2019). Desain Komunikasi Data Digital Pada Radio HF Dengan Metode Frequency Shift Keying Berbasis Thonny Python. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 1(3), 181-187.

Juwita, w., & ikan, j. P. Prosedur pembongkaran dan penanganan hasil tangkapan di pelabuhan perikanan samudera.

Karyanto, K., Arifin, M. Z., & Katili, L. (2021). Teknik Pengoperasian Hand Line Tuna dengan Metode Pemberat Batu dan Minyak Cumi di Perairan Laut Maluku. Jurnal Bluefin Fisheries, 2(2), 1-7.

Kuswoyo, A., & Rahmat, E. (2018). Aspek Penangkapan Dan Komposisi Hasil Tangkapan Purse Seine Yang Mendarat Di PPP Tumumpa, Manado, Sulawesi Utara. Journal Balitbang, 16, 55–61.

Ma'mun, Asep, et al. "Distribusi Dan Potensi Sumber Daya Ikan Pelagis Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia 573 (Wpp Nri 573) Samudera Hindia." Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia 23.1 (2017): 47-56.

Mulyadi, Rama A., et al. "Study Technology Hand Line In Ocean Fishing Port Bungus Province West Sumatra." Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, vol. 2, no. 1, Feb. 2015, pp. 1-13.

Nugroho, Wildan Ardhy (2017) Pengaruh Perbedaan Kedalaman Mata Pancing Alat Tangkap Pancing Ulur (Handline) Terhadap Ikan Hasil Tangkapan Di Instalasi Pelabuhan Perikanan Pondokdadap, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya

Pattiasina, S., Marasabessy, F., & Manggombo, B. (2020). Teknik Pengoperasian Alat Tangkap Pancing Ulur (Hand Line) untuk Penangkapan Ikan Kakap Merah (Lutjanus sp.) di Perairan Kampung Kanai Distrik Padaido Kabupaten Biak Numfor. jurnal perikanan kamasan, 1(1), 20-28.

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran data primer pada pembentukan skema konseptual yang faktual (studi kasus: skema konseptual basidata sumbumil).

Soeratno, D., & Jan, A. H. (2016). Analisis Model Supply Chain Ikan Cakalang Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(2), 602–612.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.13985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL