Pengembangan Potensi Usaha Perikanan di Smart Fisheries Village Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

Falih Bachtiar Pawestri, Iskandar Musa, Ani Leilani

Abstract


Kecamatan Cilongok merupakan salah satu kawasan minapolitan di Kabupaten Banyumas. Pengembangan sumberdaya perikanan perlu dilakukan guna meningkatkan SDM dalam menghasilkan suatu produk pada sektor perikanan. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi sumberdaya perikanan, sistem produksi dan usaha perikanan serta permasalahan usaha di SFV Panembangan Kecamatan Cilongok. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 September-08 November 2023. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dan penentuan jumlah responden dengan rumus slovin. Pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara menggunakan alat berupa borang. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Panembangan memiliki potensi perikanan berupa SDA (mata air) dan SDM dengan jumlah 313 RTP yang tergabung dalam kelompok perikanan yaitu 10 kelompok pembudidaya dan empat (4) kelompok pengolah dan pemasar. Komoditas utama budidaya yaitu ikan nila berupa pembenihan dan pembesaran. Poklahsar dengan komoditas abon ikan nila dan beberapa produk olahan krupuk ikan dan amplang. Nilai R/C usaha perikanan yaitu > 1 yang artinya usaha di Desa Panembangan layak untuk dilanjutkan. Permasalahan budidaya yaitu produktivitas rendah karena masih menggunakan sistem tradisional dan belum mampu dalam penyediaan saprokan. Bidang pengolahan yaitu belum mampu melakukan pemasaran secara digital marketing dan harga jual yang tinggi. Rekomendasi penyuluhan yaitu memfasilitatori akses permodalan, pembuatan inovasi produk olahan ikan dan demonstrasi cara pemasaran online (digital marketing). Kelembagaan penyuluhan perikanan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas dan satu orang penyuluh binaan Kecamatan Cilongok.


Keywords


Potensi; Usaha Perikanan; SFV

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Banyumas 2021

Harsasto, P., & Taufiq, A. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Minapolitan Tahun 2009-2011 di Kabupaten Banyumas. Journal of Politic and Government Studies, 3(1), 66–75.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.14004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL