Identifikasi Potensi Wilayah dan Usaha Perikanan di Kampung Nelayan Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah

Lutfia Amalia, Yenni Nuraini, Asnawi Asnawi

Abstract


Kampung Nelayan Desa Pasir merupakan salah satu sentra aktivitas perikanan di Kabupaten Kebumen. Identifikasi potensi wilayah perikanan dilakukan untuk mengetahui masalah dan kebutuhan pelaku usaha perikanan sebagai acuan penentuan program kegiatan penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi wilayah perikanan meliputi sistem produksi perikanan, sistem usaha dan bisnis perikanan serta sistem penyuluhan perikanan di Kampung Nelayan Desa Pasir. Metode penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif berdasarkan data hasil wawancara dan observasi dengan masyarakat menggunakan borang dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan Kampung Nelayan Desa Pasir memiliki potensi perikanan yang cukup besar karena kondisi sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya pendukung yang saling bersinergi dalam menunjang kegiatan perikanan.


Keywords


kampung nelayan; penyuluhan; perikanan

Full Text:

PDF

References


Agung (2014). Pemetaan Kualitas Perairan Payau Yang Potensial di Tambak Kuala Langsa. Jurnal Ilmiah Samudra Akuatika (2021). Vol V (2) : 39-44

Badan Pusat Statistik Kebumen. (2023). Kecamatan Ayah Dalam Angka 2023.

Dinlutkan Kebumen (2018) Laporan Tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen Tahun 2018 https://dlhkp.kebumenkab.go.id/index.php/web/view_file/138.

Kebumenkab.go.id. 6 September 2023. Wilayah Desa Pasir. https://pasir.kec-ayah.kebumenkab.go.id/.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 110/KEPMEN-KP/ 2023 tentang Calon Lokasi Kampung Nelayan Maju.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 34/PERMEN-KP/2022 tentang Kampung Nelayan Maju.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor. 13/PERMEN-KP/2011 tentang Pedoman Penyusunan Programa Penyuluhan Perikanan.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 30/Permen- KP/2014 tentang Mekanisme Kerja dan Metode Penyuluhan Perikanan.

Retnawati, H. (2017, September). Teknik pengambilan sampel. In Disampaikan pada workshop update penelitian kuantitatif, teknik sampling, analisis data, dan isu plagiarisme (pp. 1-7).

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Undang – Undang Nomor 16/UU/2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (SP3K).

Yudhiana Irawan (2022) Persepsi Dan Minat Masyarakat Pesisir Terhadap Sertipikat Tanah. Jurnal Widya Bhumi. Vol 2 No. 2

Yuni Maulina (2023) Analisis Kelayakan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Handycraft Di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Student Researc Journal (2023). Vol 1 No. 4 : 7




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.14005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ISSN: 2964-8408

No URL