Abstract
Kecamatan Kertek merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah 6.215,76 hektar atau setara dengan 6,31% dari total luas Kabupaten Wonosobo (Badan Pusat Statistik, 2021). Kecamatan Kertek memiliki potensi Perikanan budidaya dengan komoditas Ikan Nila dengan adanya Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar). Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Mei 2023 yang berlokasi di Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah dengan sasaran Kelompok Pengolah dan Pemasar Sendang Rejeki yang berjumlah 15 sasaran. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aspek pengetahuan, sikap serta keterampilan sasaran terhadap permasalahan yang terjadi di Poklahsar Sendang Rejeki. Metode penyuluhan yag digunakan adalah ceramah, diskusi dan demontrasi cara. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan evaluasi pretest dan posttest dengan menggunakan kuesioner. Media yang digunakan adalah media tertayang powerpoint, media tercetak folder, dan media sesungguhnya yaitu peralatan yang digunakan pada saat kegiatan. Melalui kegiatan sosialisasi sanitasi dan higiene, terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 37,3%, sikap 22,1% dan diringi dengan dampak dari penyuluhan penerapan sanitasi dan higiene perubahan perilaku kelompok memberikan dampak dari materi yang telah diberIkan. Evaluasi dampak terkait penerapan sanitasi dan higiene dapat dinilai apabila anggota kelompok sudah menerapkan penerapan sanitasi dan higiene seperti membersihkan diri sebelum melakukan produksi, mencuci alat yag digunakan pada proses produksi, menjaga kebersihan ruangan produksi agar tetap bersih dan rapi, melalui kegiatan demontrasi cara pengemasan dan pelabelan produki Ikan Nila bumbu kuning, terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 34,7%, peningkatan sikap 20% dan diiringi dengan peningkatan peningkatan keterampilan dengan kriteria cukup terampil hingga terampil, melalui kegiatan sosialisasi pemasaran online terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 40%, sikap 21% menuju sikap sangat setuju. upaya pemasaran online menggunakan whatsapp bisnis mampu meningkatkan penjualan 60%, Melalui kegiatan penyuluhan peran dan fungsi kelompok terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 44%, dan peningkatan sikap 23% serta menjadIkan kelompok sebagai wadah belajar melalui pertemuan kelompok yang rutin setiap bulannya. Berdasarkan berbagai kegiatan yang sudah dilakukan, peningkatan mutu mengalami perubahan dengan adanya kemasan baru pada produk Ikan Nila bumbu kuning dengan menggunakan plastik vakum dan diberIkannya label, adanya peningkatan pemasaran pada produk melalui pemasaran online dengan menggunakan aplikasi Whatsapp bisnis.
Keywords
pengemasan; pelabelan; penyuluhan; sanitasi dan hygiene
References
Ahmad Yuda Pratama1*, N. P. (2020). Sistem Usaha Tani , dan Sistem Pemasaran Talas di Desa Situgede ( Analysis of Micro , Small And Medium Enterprises , Farming Systems , And The Talas Marketing System in Situgede Village ). Journal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(2), 198–206
Alfarisy, M. F. (2022). Identifikasi Potensi Wilayah Perikanan Kecamatan Kertek Provinsi Jawa Tengah.
Novitasari. (2022). Rancangan penyuluhan tentang kemitraan produk olahan hasil peternakan sebagai upaya memperluas peluang pasar di desa sidoharjo kecamatan pulung kabupaten ponorogo.
setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf
Sofiah, B. D., & Achyar, T. S. (2008). Buku Ajar Kuliah Penilaian Indra. Cetakan ke-1.Jatinangor: Universitas Padjadjaran
Sukanata, I. K., Dukat, & Yuniati, A. (2015). Hubungan Karakteristik dan Motivasi Petani dengan Kinerja Kelompok Tani (Studi Kasus Desa Cisaat Kecamatan Dukupuntang). Jurnal Agrijati, 28(1), 17–34