Penyediaan Informasi Harga Ikan Melalui Publikasi Infografis Dalam Upaya Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Pada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Abstract
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki Angka Konsumsi Ikan (AKI) yang melebihi AKI Nasional. Belum terdapatnya informasi yang cukup mengenai informasi harga ikan menjadi permasalahan bagi konsumen dan stakeholder. Adapun tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terkait publikasi infografis harga ikan bulanan melalui platform media sosial. Metode dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif yang didukung skala likert. Jumlah responden yang dilibatkan adalah 48 orang masyarakat pengguna Infografis Harga Ikan. Hasil penelitian dipaparkan secara deskriptif menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan PermenPAN RB Nomor 14 Tahun 2017 memiliki skor akhir 83,75 masuk dalam kategori baik. Diharapkan dengan adanya pengembangan informasi harga ikan tersebut dapat menjadi dasar pertimbangan penyusunan kebijakan daerah yang mendukung dan melindungi sistem logistik perikanan sehingga ketersediaan ikan bisa terjamin sepanjang tahun tanpa memberatkan produsen dan konsumen serta mendukung pengelolaan perikanan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiaji, Weksi, 2013. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert, Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Vol. 2 No.2, ISSN: 2302.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, (2017). Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (Nomor 14). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nur’aini Sulistyo, Indah, 2020. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Jurnal Ekonomi Bisnis Politeknik Kebumen Vol. 4 No.2, ISSN: 2580-2062.
Pratama Findarta, Yossi, 2021. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Sulawesi Selatan. Jurnal Administrasi Publik Vol. XVII (2) 2021:197-210, ISSN: 2621-251X.
Saputra, Trio, 2016, Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kecamatan Kabupaten Kampar), Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Vol.4 No.2, ISSN: 2338-4603.
DOI: http://dx.doi.org/10.15578/psnp.14020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.